close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pembinaan Program Terpadu Kelurahan/Desa P2WKSS Dan Kecamatan Sayang Ibu Tahun 2019

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5053
Jum'at, 05 Jul 2019

Senin (01/07/2019), Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau mengadakan kegiatan Pembinaan Program Terpadu Kelurahan/ Desa Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) dan Kecamatan Sayang Ibu (KSI) Provinsi Riau Tahun 2019, bertempat di Hotel Furaya kota Pekanbaru. Pembinaan P2WKSS dan KSI diikuti 45 (empat puluh lima) orang peserta yang terdiri dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau, Tim Penggerak PKK Provinsi Riau, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten/Kota , Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota.

Acara pembukaan dihadiri Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ny. Hj. Suti Mulyati Edi Natar, S.Ked, Ketua Dharma Wanita Persatuan Provinsi Riau, Ny. Hj. Rabaina Hijazi,  dan pejabat eselon 3 dan 4 dilingkungan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau. "Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu program peningkatan peranan perempuan dalam pembangunan yang bermaksud untuk mengembangkan sumberdaya manusia dan sumberdaya alam serta lingkungan dalam mewujudkan dan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia" demikian disampaikan oleh Wakil Ketua TP. PKK pada saat memberikan Sambutan dan membuka acara secara resmi.

Selain itu, Program Terpadu P2WKSS memberikan Dampak kepada masyarakat khususnya kaum perempuan agar tidak terjadi ketimpangan gender dan terlaksananya pemberantasan buta huruf, adanya peningkatan usaha dan keterampilan perempuan atau UP2K, peningkatan pemahaman dan sadar hukum, meningkatnya pengetahuan serta bertambahnya hasil pertanian. Terciptanya lingkungan yang sehat, meningkatnya capaian dan strata posyandu serta adanya kelengkapan tanaman obat keluarga, didukung dengan terlaksananya kegiatan 10 program PKK, tambah Wakil Ketua TP. PKK Provinsi Riau.

Pembinaan Gerakan Sayang Ibu (GSI) juga merupakan gerakan bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk meningkatan kualitas hidup perempuan utamanya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kualitas perempuan dalam berbagai aspek kehidupan dan pembangunan guna mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender dalam keluarga dan masyarakat, selain itu juga untuk Meningkatkan pengetahuan, kepedulian dan peran serta organisasi kemasyarakatan (TP.PKK) dalam mewujudkan desa P2WKSS dan KSI, ungkap Kepala Dinas PPPA Provinsi Riau, Dra.T. Hidayati Effiza,MM dalam Laporannya.

Program Terpadu P2KSS dan KSI tidak terlepas dari peran TP PKK sebagai mitra pemerintah dari berbagai tingkatan, baik di tingkat provinsi sampai di kelurahan/desa yang sebagai ujung tombak di masyarkat, dalam mensejahterakan masyarakat.  Materi disampaikan oleh Ny. Erlina Khairul dari TP. PKK Provinsi Riau, Dra. Devi Rusanti, MM dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau, dr. Neng Kasmiati, MH dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Diharapakan melalui Program terpadu P2WKSS dan KSI dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan utamanya menurunkan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.Image title

Image title

Sumber : Bidang Pemberdayaan Perempuan.

Penulis Artikel : Elly Hayatinur , Sp, M.Kes