close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelatihan PUG Dan PUHA Bagi Lembaga Profesi Dan Dunia Usaha

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5088
Sabtu, 17 Agu 2019

Pekanbaru, Selasa 12 Agustus 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Republik Indonesia melalui Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA Cq Assisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau menyelengarakan pertemuan Pelatihan PUG dan PUHA Bagi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha pada tanggal 12- 13 Agustus 2019 bertempat di Hotel Prime Park Pekanbaru.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau Dra. T. Hidayati Effiza, MM menyampaikan bahwa kompleksitas persoalan yang dihadapi oleh perempuan dan anak serta untuk memastikan jalannya pencapaian program Three Ends, perlu kiranya semua pihak turut berpartisipasi mulai dari unsur Pemerintah Pusat maupun Daerah, Komponen Lembaga Masyarakat termasuk kalangan Dunia Usaha, Organisasi Perempuan, Organisasi Profesi, Perguruan Tinggi, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Media untuk bersama-sama terlibat secara aktif dalam tujuan pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak secara utuh di Provinsi Riau Dukungan dan keikutsertaan Dunia Usaha serta komponen Lembaga Masyarakat lainnya dalam pembangunan PPPA yang diharapkan tersebut diantaranya melalui pelaksanaan Pelatihan yang berorientasi pada peningkatan keterampilan maupun pemberian beasiswa dan bantuan modal usaha, sehingga terwujudnya perempuan dan anak yang bekualitas serta berdaya saing tinggi, yang pada akhirnya diharapkan mampu mengurangi angka kekerasan di Provinsi Riau, kerena salah satu penyebab terjadinya kasus kekerasan itu adalah faktor rendahnya kualitas perekonomian dalam suatu keluarga. Acara ini dihadiri oleh 45 Peserta terdiri dari Lembaga Profesi dan Lembaga Usaha turut hadir juga Narasumber utusan Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kemen PPPA Cq Assisten Deputi Partisipasi Lembaga Profesi dan Dunia Usaha Sri Prihantin LestariWijanti, SH, MH dan  Fasilitator PUG  oleh Audra Jovani,S.Sos, M.PS dan PUHA oleh Faisal Cakrabuana.

Berdasarkan hasil Pelatihan yang telah kita laksanakan ini ada beberapa point-point penting yang perlu ditindaklanjuti antara lain:

  1. Perempuan dan Anak rentan menjadi korban terhadap kasus kekerasan Perlu penanganan lebih serius.

  2. Perlu Adanya Perhatian Pendidikan bagi perempuan agar tidak mudah untuk ditipu dan diperdayakan oleh orang lain

  3. Penempatan peran gender yang seimbang antar laki-laki dan perempuan akan menciptakan keadilan sosial tanpa pandang bulu

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title

Sumber : Bidang Partisipasi Masyarakat dan Data

Natulen:   Dra. Betti Inara