close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelatihan Sistem Informasi Data Gender Dan Anak (SIGA) Berskala Internasional

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5102
Rabu, 28 Agu 2019

Pekanbaru, Senin 26 Agustus 2019, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) melalui Deputi Bidang Pemberdayaan Masyarakat Kemen PPPA yang difasilitasi oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau menyelengarakan pertemuan “Pelatihan Sistem Informasi Data Gender dan Anak pada tanggal 26- 27 Agustus 2019 bertempat di di Hotel Furaya, Jl. Jend. Sudirman, No. 72 – 74, Sago, Pekanbaru

Pertemuan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Riau Dra. T. Hidayati Effiza, MM yang menyampaikan  Dalam perspektif gender, penyediaan data, analisis dan pelaporan terpilah menurut jenis kelamin dimaksudkan untuk menyajikan informasi terkait perempuan dan laki-laki serta anak. Data terpilah berdasarkan jenis kelamin ini menjadi inti dalam menghasilkan suatu informasi karena berdasarkan analisis yang tepat agar terselenggaranya Pengarusutamaan Gender (PUG) dan Pengarusutamaan Hak Anak (PUHA) diberbagai bidang pembangunan. Gender dan anak ini merupakan isu lintas sektor yang melibatkan stakeholder berbagai bidang pembangunan. Struktur pengelolaan data yang belum tertata dengan baik, metode pengelolaan yang belum tersedia dan SDM pengelola yang belum mempunyai pemahaman serta kemampuan dalam pengelolaan data yang baik, menjadikan program PUG dan PUHA sebagai suatu strategi pembangunan akan menjadi tidak optimal.

Karenanya diperlukan pemahaman bagi para penghasil dan pengelola data untuk melakukan pemilahan, pengolahan, penyajian dan analisis lebih lanjut agar data yang dimiliki dapat menghasilkan informasi yang komprehensif bagi pembuat keputusan.

Dalam Kesempatan ini hadiri 30 orang Peserta  dari kabupaten/ kota berserta DPPPA Provinsi Riau. Hadir pada kesempatan ini dari Kementerian PP dan PA Republik Indonesia,Kabag Data Tria Rosahna dan Teknisi Aplikasi SIGA Nana Supriatna StAFF Bagian data Biro Perencanaan  -Kementerian PPPA

Kegiatan ini dilakukan dalam upaya Untuk menyediakan data dan informasi yang dapat diakses oleh para stakeholders untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelaksanaan program pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak di Provinsi Riau, serta Meningkatkan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota di Provinsi Riau dalam penggunaan data gender dan anak dalam perencanaan, pemantauan, evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pemberdayaan daerah, selanjutnya Meningkatkan efektifitas penyelenggaraan PUG dan PUHA di Daerah secara sistematis, komprehensif dan berkesinambungan serta meningkatkan ketersediaan data gender dan anak.


Image title

Image title

Sumber Bidang PMD