close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU MENDAPAT KATEGORI SANGAT BAIK DARI TIM VALIDASI INDEKS INOVASI KEMENTERIAN DALAM NEGERI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5124
Selasa, 24 Sep 2019

Bapak Horas (kanan kacamata) dan Tim Tim validasi indeks inovasi dari Kementerian Dalam Negeri RI didamping Direktur (tengah kacamata) dan jajaran meninjau langsung Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM)

PEKANBARU – Tim validasi indeks inovasi dari Kementerian Dalam Negeri RI melalui Kepala Pusat Litbang Pembangunan dan Keuangan Daerah, Drs. Horas Mauritz Panjaitan, M.Ec.Dev mengunjungi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dalam rangka meninjau dan memberi  penilaian tentang  pemerintah daerah yang inovatif ( innovative government award 2019). Kedatangan Tim disambut langsung oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS di ruang rapat komite medik gedung utama RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Kamis (19/09/19).

Dalam pertemuan ini Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, dr. H. Nuzelly Husnedi. MARS. Memaparkan ada tiga jenis inovasi yang telah dikembangkan dan dijalankan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau diantaranya :

1. Anjungan Pendaftaran Mandiri

Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) merupakan sebuah mesin berbentuk ATM yang disebar di beberapa titik di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu di Lobby Gedung Utama, Pendaftaran Rawat Jalan, dan di Gedung Seruni. Dengan APM, dalam 2 menit pasien ulangan dan telah memiliki nomor Rekam Medis dapat langsung mendaftar dan memperoleh SJP (Surat Jaminan Pelayanan) tanpa harus mengantri yang biasanya memakan waktu lebih dari 2 jam dan langsung ke Poliklinik.

2. MIRAI

MIRAI merupakan aplikasi pendaftaran berbasis android yang sudah dapat diunduh melalui Playstore menggunakan Smartphone. Dengan menggunakan aplikasi MIRAI, pasien yang berobat ulang dan telah memiliki nomor Rekam Medis dapat mendaftar langsung 1 hari sebelum hari kunjungan serta mendapat nomor antrian di Poliklinik. Di Hari pendaftaran, pasien dapat mendaftar ulang di mesin APM untuk memperoleh Surat Jaminan Pelayan (SJP) tanpa harus antri menunggu loket pendaftaran dan langsung ke Poliklinik yang dituju.

3. PIT STOP

PIT STOP merupakan sebuah lokasi dimana sebelum pasien masuk ke kamar,  maka pasien diletakkan di Pit Stop. Pada PIT STOP dilakukan identifikasi, diperkenalkan kepada siapa perawat yang akan menjadi perawatnya, siapa dokternya, diberikan informasi tentang penyakitnya, dan tentang pelayanan kesehatan yang akan mereka dapatkan selama dirawat. 

Setelah melakukan pemaparan, Direktur mengajak tim validasi untuk melihat langsung kelapangan. Dari hasil validasinya dilapangan, Bapak Horas menyampaikan RSUD Arifin Achmad sudah menerapkan inovasi – inovasi yang bagus dan menarik yang layak dicontoh khususnya di Provinsi Riau dan secara umum contoh di Nasional. Kalau dilihat dari sistem pelayanan, pendaftaran pasien, dan juga penanganan maupun pengaduanpun sudah tertangani dengan baik. Hasil ini ini menurut kami sudah masuk dalam kategori sangat baik.

Menanggapi hal tersebut, Direktur berharap semoga innovasi-innovasi ini dapat menjadi langkah baik dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan yang diberikan kepada masyarakat dan dapat dicontoh bagi rumah sakit lain untuk membuat innovasi lainnya sesuai dengan apa yang dibutuhkan.