close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

HARI JANTUNG SEDUNIA, RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU GELAR PENYULUHAN TENTANG JANTUNG KORONER

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5132
Jum'at, 04 Okt 2019

dr. Citra Prima Sari, Sp.JP.,FIHA memberikan edukasi tentang penyakit jantung koroner
 kepada masyarakat yang akan berobat ke Poliklinik Jantung 

Bersempena peringatan hari Jantung Sedunia dengan tema yaitu Hidup Cerdik Jantung Sehat, pada tanggal 30 September 2019 Tim Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau bersama Kelompok Staf Medis (KSM) Jantung menggelar penyuluhan kesehatan tentang Jantung di Ruang Tunggu Poliklinik Jantung RSUD Arifin Ahcmad Provinsi Riau. Adapun topik yang diangkat yaitu Say No to Jantung Koroner dengan narasumber Dokter Spesialis Jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu dr. Citra Prima Sari, Sp.JP.,FIHA. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya penderita jantung untuk mengenal lebih jauh  tentang penyakit jantung koroner dan apa yang harus dilakukan saat terjadi serangan jantung dan penanganannya.

Dalam paparannya, dr. Citra Prima Sari, Sp.JP.,FIHA menyampaikan penyakit Jantung Koroner terjadi karena adanya penyumbatan pada dinding pembuluh darah di Jantung. Gejalanya seperti rasa nyeri pada dada dan sulit ditunjuk, rasa nyeri bertambah berat apabila beraktivitas dan emosi,  serta membaik kembali dengan istirahat atau dengan mengkomsumsi obat nitrat. Apabila bertambah parah dapat menyebabkan serangan jantung. Jika terjadi serangan jantung, tetaplah tenang dan jangan panik. Segera lakukan hal berikut untuk mengatasinya.

  • Panggil bantuan.

  • Posisikan duduk atau berbaring.

  • Berikan udara segar / oksigen jika ada.

  • Berikan Obat dibawah lidah à ISDN 5MG.

  • Segera ke UGD (Semakin lama semakin banyak otot yang mati).

Untuk pengobatan serangan jantung segera ke IGD, langkah selanjutnya beri obat penghilang nyeri dada, beri obat penenang, dan Revaskularisasi (membuka kembali aliran darah yang tersumbat) dengan obat atau tindakan Primary Percutaneous Coronary Intervention (PCI).

Sedangkan untuk pengobatan penyakit jantung koroner dapat dilakukan dengan pemasangan cincin atau ring pada pembuluh darah yang tersumbat dan apabila tidak memungkinkan dapat dilakukan tindakan operasi jantung bypass.

Agar terhindar dari penyakit jantung koroner, dr. Citra menghimbau kepada masyarakat menghindari faktor – faktor resiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung seperti merokok, Dislipidemia (meningkatkanya kadar lemak dalam darah), Hipertensi, Diabetes Melitus, kurang aktivitas fisik, Obesitas, Diet tidak sehat, stres, dan mengkomsumsi alkohol yang berlebih. dr. Citra juga menganjurkan kepada masyarakat untuk selalu melakukan deteksi dini penyakit jantung koroner dengan cara melakukan medical check up secara rutin karena pencegahan lebih baik dari pada mengobati.