close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU GELAR SOSIALISASI AKREDITASI SNARS EDISI 1.1

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5156
Kamis, 01 Jan 1970

Wakil Direktur Bidang Umum, SDM, dan Pendidikan sebagai narasumber memberikan paparan tentang pentingnya kredensial dalam akreditasi dan rumah sakit.

Untuk memberikan pemahaman betapa pentingnya Akreditasi bagi sebuah rumah sakit, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menggelar sosialisasi Akreditasi versi Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit (SNARS) edisi 1.1 pada hari Senin pagi 4 November 2019 di Ruang Serbaguna Gedung Utama RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Acara sosialisasi ini dihadiri langsung Oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS, Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan yang sekaligus Ketua Akreditasi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Muhammad Yusuf, Sp.OG(K), Wakil Direktur Bidang Umum, SDM, dan Pendidikan drg, Yusi Prastiningsih,MM, Ketua Komite Medik dr. Suindra Adnan, Sp.B-KBD dan tenaga – tenaga medis lainnya yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Selain untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya Akreditasi bagi sebuah rumah sakit, Sosialisasi ini juga bertujuan untuk mengetahui letak perbedaan dan hal – hal baru yang ada pada Akreditasi SNARS versi 1.1 dibanding Akreditasi versi sebelumnya. Untuk itu, Dalam sosialisasi kali ini menghadirkan orang – orang yang sangat berkompeten dibidang Akreditasi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu : Direktur, Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) dari RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Riza Iriani Nasution, Sp.A, dan 2 dokter yang RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang telah lulus ujian menjadi surveyor KARS yaitu drg. Yusi Prastiningsih, MM dan DR. dr. Tubagus Rhomdani W,Sp.BA.

Dalam paparannya, Direktur menyampaikan menurut Permenkes No. 12 tahun 2012 tentang akreditasi rumah sakit, Akreditasi adalah pengakuan terhadap rumah sakit yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Setelah dinilai bahwa RS itu memenuhi Standar Pelayanan Rumah sakit yang berlaku untuk meningkatkan mutu pelayanan RS secara berkesinambungan. Selain itu Direktur juga membahas tentang Ongoing Profesional Practice Evaluation (OPPE) untuk mengevaluasi dan memastikan setiap tenaga medis melakukan pelayanan sesuai standar.

Sedangkan dr. Riza Iriani Nasution, Sp.A membahas tentang perbedaan yang ada di setiap Pokja yang ada di SNARS Edisi 1.1. drg. Yusi Prastiningsih, MM dalam paparannya menjelaskan tentang pentingnya kredensial untuk menjamin tenaga medis dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasien sesuai dengan standar profesi. DR. dr. Tubagus Rhomdani W,Sp.BA. dalam paparannya menyampaikan pentingnya proses marking sebelum pembedahan. Hal ini termasuk hal – hal yang safety dalam pembedahayan yang dinilai dalam akreditasi.

Dengan diadakannya sosialisasi ini diharapkan setiap tenaga medis dapat mengerti pentingnya Akreditasi dalam rumah sakit dan mengaplikasikannya. Dengan mengacu pada akreditasi dapat membuat membuat kita selamat dalam bekerja, membuat rumah sakit selamat dari hal – hal yang tidak diinginkan dan dapat meningkatkan mutu rumah sakit secara berkesinambungan.