close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

TINGKATKAN MOTIVASI SERTA KOMUNIKASI EFEKTIF DALAM PELAYANAN, RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU UNDANG SALAH SATU MOTIVATOR TERBAIK INDONESIA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5157
Senin, 11 Nov 2019

Peserta pelatihan Motivasi dan Komunikasi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau berswafoto bersama motivator terbaik indonesia DR. Rizaldi Putra, MBA.

Dalam rangka memperbaiki pelayanan dan tata cara dalam melayani pasien khususnya dalam berkomunikasi, pada hari Rabu tanggal 6 November 2019 RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau menggelar acara pelatihan motivasi dan komunikasi di Ruang Serbaguna Gedung Utama RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Tidak tanggung – tanggung dalam acara kali ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengundang salah satu motivator terbaik yang ada di Indonesia yaitu DR. Rizaldi Putra, MBA. Dalam acara ini DR. Rizaldi mengusung tema yaitu “Amazing Breakthrough” yang artinya bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar menjadi agen – agen perubahan yang siap untuk melakukan terobosan – terobosan yang menakjubkan. Acara ini dihadiri oleh Jajaran Direksi, pejabat struktural, managemen, dan seluruh civitas yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mulai dari dokter, perawat, security, cleanning service hingga petugas pertamanan.

Acara pelatihan motivasi dan komunikasi ini dibuka langsung oleh Direktur RSUD Arifin Achmad Proivinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS. Dalam pembukaannya beliau menyampaikan dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan komunikasi yang efektif serta dapat mengaplikasikannya dalam pekerjaan kita. Mari kita layani pasien kita dengan sepenuh hati dan kesabaran yang tinggi. Layani mereka bagaikan ibu kita sendiri sesuai dengan budaya pelayanan kita. Think Big, Act Small, Start now, Ayo kita mulai bergerak dari hal – hal kecil dan perlahan – lahan menuju ke hal - hal yang lebih besar. Semoga kita dapat menjadi agen – agen perubahan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan kita menjadi yang terbaik.

Image title

Direktur memberikan semangat sekaligus membuka acara pelatihan motivasi dan komunikasi.

Dalam sesi inti yang dibawakan oleh DR. Rizaldi tentang motivasi dan komunikasi, seluruh peserta tampak sangat antusias dan bersemangat. Dalam paparan materi, DR. Rizaldi menyampaikan untuk melakukan “Amazing Breakthrough (Terobosan – terobosan yang menakjubkan)” ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu: 


1. Merubah pola pikir.

Ubah pola pikir dengan selalu berpikiran positif. Tetap fokus dengan tidak mencampurkan sesuatu yang personal ke ranah profesional dan selalu berkomitmen dalam melakukan suatu pekerjaan.  

2. Melakukan komunikasi yang efektif.

Komunikasi efektif akan terjadi bila dilakukan dengan 2 arah. Berkomunikasilah sesuai standar dan kualitas serta penuhi harapan dan kepuasan pelanggan.

3. Membentuk karakter.

Menjadi orang yang berkarakter dapat meningkatkan derajat. Jadilah orang MENAWAN sesuai dengan janji pelayanan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu :

   - Memberi pelayanan bermutu.

   - Empati terhadap kebutuhan kesehatan.

   - Nyaman dengan lingkungan bersih dan indah.

   - Amanah menjaga keselamatan pasien.

   - Waktu yang cepat dan tepat dalam tindakan.

   - Adil dan tidak memihak.

   - Niat yang tulus dan ikhlas.


Image title

Perserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat mengikuti pelatihan
motivasi dan komunikasi bersama DR. Rizal Putra, MBA



4. Mampu berkerja secara tim.

Bekerjalah secara tim. Bentuklah super tim yaitu tim yang memiliki tujuan yang sama, keahlian yang tidak tumpang tindih dan berintegritas. Raihlah kesuksesan secara bersama – sama dengan pencapaian yang maksimal.


5. Mental Block (Sifat yang harus di Hindari).

Hindarilah sifat – sifat seperti berfikiran negatif, berkomunikasi dengan 1 arah, menjadi karakter yang lemah dan tidak dapat bekerja sama. Hal – hal ini dapat menyebabkan hidup susah, tidak tercapainya kepuasan pelanggan, menjadi tidak profesional, serta hasil kerja yang dicapai tidak maksimal.