close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Suligi Hill Riau Raih Anugerah Pesona Indonesia, Begini Penjelasannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5166
Senin, 25 Nov 2019

PEKANBARU | SABTU, 23 NOVEMBER 2019 - Destinasi wisata Bukit Suligi (Suligi Hill) Rokan Hulu (Rohul) meraih peringkat 1 dalam ajang Apresiasi Anugerah Pesona Indonesia (API) kategori wisata fataran tinggi terpopuler. Pengargaan ini diraih setelah bersaing kuat mengalahkan 8 Kabupaten/Kota lainya.

Suligi Hill lokasinya berada di Desa Aliantan kabupten Rohul, Provinsi Riau merupakan area perbukitan hutan tropis menarik bagi sejumlah pecinta alam yang hobi berpetualang. Pekikan siamang, suara burung bersahutan serta sejuknya udara perbukitan, akan mendampingi perjalanan pengunjung.

Destinasi ini sering juga disebut warga “Samudera Awan,". Berada pada ketinggian 812 meter dari permukaan laut. Provinsi Riau menetapkannya sebagai kawasan destinasi wisata baru dan dirancang bagi wisawatan minat khusus. Yakni, mereka yang siap melintasi jalan menanjak, menerabas semak belukar, dan perkebunan karet.

Untuk meraih peringkat 1 pada ajang apresiasi API 2019 Suligi Hill bersaing dengan daerah lainnya seperti Batu Runciang (Kota Sawahlunto), Bubit Bawang Bakung (Kab. Lampung Barat, Bukit Kaba (Kab. Rejang Lebong), Bukit Pulo Dua (Kab. Banggai), Buntu Liara (Kab. Mamasa), Desa Wisata Ngadas (Kab. Malang), Gunung Kerbau (Kab. Maluku Barat Daya), Kawasan Wisata Baturaden (Kab. Banyumas) dan Muntea Highland (Kab. Bantaeng).

Penghargaan API kategori Wisata Dataran Tinggi terpopuler untuk Suligi Hill diserahkan oleh Staf Ahli Menteri Pariwisata Bidang Multikultural, Guntur Sakti dan diterima Bupati Rohul Sukiman juga disaksikan langsung Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta, Kemenparekraf Jakarta, pada Malam Anugerah Pesona Indonesia, Jumat (22/11) malam.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Riau, Raja Yoserizal menyampaikan, perjuangan yang dilakukan oleh Kepala Desa (Kades) Aliantan, Muhammad Rois Zakaria bersama kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan masyarakat desa untuk meraih penghargaan ini sangat luar biasa. Memiliki komitmen penuh untuk membangun desanya melalui sektor pariwisata.

"Pertama kami dari Dinas Pariwisata Riau mengucapkan tahniah kepada Kades Aliantan dan seluruh masyarakat yang telah membantu voting, baik itu melalui SMS, Aplikasi API dan kanal Youtube. Anugerah ini merupakan apresiasi yang sangat membanggakan untuk Riau," kata Kadispar Riau, Raja Yoserizal, pada Sabtu (23/11).

Raja Yoserizal juga mengungkapkan, Dinas Pariwisata Riau sejak tahun 2017 lalu telah bersenergi bersama Pokdarwis Desa wisata Aliantan dalam memajukan sektor pariwisata. Diantaranya dengan melakukan berbagai kegiatan yaitu, pembinaan dan promosi melalui media sosial dan media siber.

Sementara, Kepala Desa Aliantan, Muhammad Rois mengatakan, keberhasilan dalam meraih apresiasi API 2019 merupakam karunia dari Tuhan Yang Maha Esa, untuk itu Rois sangat bersyukur dan tak lupa juga ia mengucapkan terimakasih kepada stakeholder diantaranya akademisi, Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Dinas Pariwisata Rohul, komunitas, Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Rohul dan Riau, MTMA Riau, Pokdarwis The Caretaker dan rekan-rekan media serta seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan sumbangsihnya.

"Anugerah ini merupakan kebanggaan untuk semua masyarakat Riau. Saya juga mengucapkan terimakasih kepada Bupati Rohul, Bapak Sukiman yang telah semangat memberikan dukungan dengan cara membantu mesosialisasikan kegiatan ini," ujar Rois.

"Selaku aparatur pemerintah Desa, saya sangat terharu sekali atas apresiasi API. Ini di luar dugaan, tetapi atas semangat kawan-kawan mulai dari RT, RW hingga sekolah-sekolah yang telah membantu melalui voting sms Suligi Hill berhasil meraih peringkat 1 apresiasi API 2019. Harapan kita kedepan Suligi Hill ini semakin dikenal wisatawan mancanegara," Rois menuturkan.

Rois juga menyampaikan, kedepanya dalam menunjang kawasan desa wisata Aliantan, ia akan membangun taman bunga, menanam pohon pinus, membuat kolam renang di kawasan Gua Garuda dan melakukan eksplorasi membuka aksesibilitas ke air terjun yang tingginya 75 meter.

Dalam ajang API 2019 destinasi wisata di Riau yang menerima apresiasi anugerah API 2019 adalah, Suligi Hill Kabupaten Rokan Hulu, meraih nomor 1 kategori dataran tinggi terpopuler, lari tual sagu Kabupaten Kepulauan Meranti, meraih nomor 2 kategori wisata olahraga dan petualangan terpopuler, Sampan Leper Kabupaten Indragiri Hilir, meraih nomor 3 kategori festival budaya terpopuler.

Kemudian, Tepian Bandar Sungai Jantan Kabupaten Siak, meraih nomor 3 kategori tujuan wisata baru terpopuler, Gulamo Kabupaten Kampar, meraih nomor 3 kategori surga tersembunyi terpopuler dan ditambah lagi 1 kategori yakni makanan tradisional terpopuler, yakni kue talam durian Kota Pekanbaru meraih nomor 2.

Baca Juga : DESTINASI WISATA DI RIAU RAIH ANUGERAH PESONA INDONESIA 2019


Lihat Video Pariwisata Riau lainnya.

Sumber : Youtube Channel : Pariwisata Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#ayokeriau

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia