close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Fenomena Alam Gerhana Matahari Cincin Diprediksi Menyambangi Wilayah Indonesia Pada 26 Desember 2019

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5183
Kamis, 19 Des 2019

Gerhana Matahari Cincin merupakan fenomena alam yang langka dan terjadi ketika bulan berada segaris dengan bumi dan matahari, serta bulan berada pada titik terjauh dengan bumi.

Pada posisi inilah yang menyebabkan piringan bulan akan terlihat lebih kecil daripada matahari dan tidak akan menutupi piringan matahari sepenuhnya.

Memanfaatkan terjadinya fenomena alam tersebut, Lembaga Antariksa dan Penerbangan (LAPAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Siak, Riau akan menyelenggarakan festival gerhana matahari cincin pada tanggal 26 Desember 2019 mendatang.

Berdasarkan pengamatan LAPAN, Kampung Bunsur Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, Riau ditetapkan sebagai lokasi terbaik di Indonesia untuk mengamati fenomena gerhana matahari cincin. Gerhana Matahari tersebut terjadi hanya sekali dalam 300 tahun.

Kegiatan yang akan dilakukan LAPAN adalah pengamatan GMC dan edukasi keantariksaan. Untuk melakukan pengamatan LAPAN akan berkolaborasi dengan astronom, ilmuwan dibidang keantariksaan dan komunitas astronomi (dalam dan luar negeri).

Kota Siak menjadi lokasi terbaik untuk melakukan pengamatan, LAPAN memusatkan pengamatannya di kota itu untuk melihat pengaruh fenomena gerhana matahari cincin terhadap bumi.

Baca Juga : DISPARPORABUD INHIL MENGGELAR KEGIATAN WISATA BERSEPEDA JELAJAH EKOWISATA SOLOP (JES) 2019


Lihat Video Pariwisata Riau lainnya.

Sumber : Youtube Channel : Pariwisata Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#ayokeriau

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia