close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Beri Edukasi Seputar Pemeriksaan PCR Swab Dan Peranan K3 Dunia Kerja Dalam Cegah COVID-19, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Hadirkan 2 Dokter Ahli Dialog Khusus.

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5282
Minggu, 26 Jul 2020

Halo Cik Puan

Tim PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau hadir kembali memberikan tambahan wawasan dan pengetahun kepada masyarakat dengan menghadirkan 2 dokter ahli RSUD Arifin Achmad yaitu dr. Loriana Ulfa, Sp.THT-KL dan dr. Mardiansyah Kusuma, Sp.Ok dalam program Dialog Khusus di Riau Televisi (Kamis, 23 Juli 2020 pukul 09.00 WIB).

Image title

dr. Mardiansyah Kusuma, Sp.Ok dan dr. Loriana Ulfa, Sp.THT-KL memberikan berdiskusi dalam program dialog khusus di Riau TV


Dalam dialog ini dr. Loriana Ulfa, Sp.THT-KL mengangkat tema Deteksi COVID-19 dengan pemeriksaan Polymerasi Chain Reaction (PCR) Swab. Dalam dialog nya dr. Loriana menjelaskan pemeriksaan PCR Swab adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi genetik dari sel bakteri atau virus dengan melakukan swab (usapan) di tenggorok dan di nasofaring (rongga hidung bagian dalam). Pemeriksaan PCR Swab ini lebih akurat dibandingkan pemeriksaan Rapid Test untuk mendeteksi Covid-19. Kepada masyarakat apabila mengalami gejala seperti meriang, demam, batuk, pilek, sesak nafas, apalagi pernah berkontak dengan orang yang positif COVID-19 dr. Loriana menghimbau untuk segera lakukan PCR Swab agar dapat melakukan tindakan yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan kita.

Sedangkan dr. Mardiansyah Kusuma, Sp.Ok mengangkat tema tentang peranan K3 pekerja terhadap COVID-19. Dalam dialog ini dr. Mardiansyah menyampaikan setiap perusahaan diharapkan mampu memberikan edukasi kepada para pekerjanya agar paham tentang pentingnya protokol kesehatan  di dunia kerja sehingga terhindar dari penyebaran COVID-19. Adapun beberapa tips penting yang disampaikan dr. Mardiansyah dalam dunia kerja yaitu :

  1. Terapkanlah K3 Protokol Kesehatan dunia kerja yang aman bagi para pekerja dan customer.

  2. Jika tidak perlu, jangan berpergian keluar kota.

  3. Terapkan Work From Home sebisa mungkin.

  4. Lakukan isolasi mandiri 14 hari sebelum masuk bekerja jika habis berpergian dari luar kota.

  5. Jika mengalami gejala segera periksakan ke dokter atau lakukan tes Swab PCR.

  6. Bersikap patuh dan jujur bila terdeteksi positif dan lakukan  prosedur kesehatan yang sesuai dengan anjuran pemerintah.

Jangan sampai kita biarkan pandemi ini berlarut – larut karena dapat mengancam keselamatan negara kita. Ayo jaga kita jaga diri sendiri, jaga keluarga kita dan orang – orang disekitar kita. Dengan bersatu patuhi protokol kesehatan semoga kita dapat menang melawan pandemi COVID-19.

Salam Medik AA