close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

PHI KE-90 : Perempuan Berdaya, Indonesia Maju

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5340
Selasa, 29 Des 2020

Peringatan hari Ibu (PHI) tahun 2020 dari Kementerian PPPA  mengangkat tema “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju’’.  DP3AP2KB Prov Riau sebagai leading sektor pelaksanaan PHI dilaksanakan secara virtual pada tanggal 22 Desember 2020 Di Gedung daerah Balai Serindit. Acara tersebut dihadiri oleh Bapak Wakil Gubernur Bapak EDY Natar Nasution beserta Ibu, Ketua DPRD, jajaran Forkopinda, Kepala perwakilan BKKN, Kepala Dinas Kesehatan, tim penggerak PKK, Ketua Dharmawanita, Ketua Persit, Ketua Bhayangkari dan BKOW.

Dalam sambutannya Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati  menyampaikan bahwa Peringatan Hari Ibu ini dijadikan sebagai momentum untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk terus menggelorakan semangat kesetaran dimana pun berada. Beliau  juga berharap para perempuan di seluruh Indonesia untuk menanamkan dalam diri dan pemikiran bahwa perempuan adalah sosok yang kuat dan Tangguh dan berdaya yang berani bermimpi dan mampu mewujutkannya.

Pada kesempatan yang sama dalam pidato sambutannya Wakil Gubernur Provinsi Riau juga menyampaikan bahwa dalam kondisi wabah pandemi saat ini sangat berdampak pada kaum perempuan. Situasi yang serba sulit ini ternyata tidak menghentikan langkah perempuan perempuan Indonesia untuk hadir di garda terdepan, dimana kaum perempuan turut serta memerangi wabah pandemo Covid-19, seperti menjadi duta Covid-19, tenaga kesehatan, ilmuwan maupun kaum perempuan yang tetap menjaga keluarganya sendiri di rumah. Momentum Hari Ibu tahun ini juga dijadikan sebagai refleksi dan renungan bagi kita semua tentang berbagai upaya yang telah dilakukan dalam rangka memajukan pergerakan perempuan disemua bidang pembangunan, khususnya perjuangan untuk mewujudkan kesetaraan gender di Indonesia.

Disampakan juga : seiring dengan perkembangan zaman dan globalisasi dunia yang terus berjalan, peran dan kontribusi perempuan dalam pembangunan tidak dapat dipungkirilagi. Di Indonesia saat ini telah banyak kaum perempuan yang memiliki peran dan posisi setrategis di berbagai sendi kehidupan. Hal ini membuktikan perempuan apabila diberikan peluang dan kesempatan mampu meningkatkan kualitas hidupnya secara mandiri.

Selanjutnya dalam rangka momentum Puncak Peringatan Hari Ibu ke-92 tahun ini Kementerian PPPA melalui Dinas P3AP2KB Prov.Riau telah melakukan seleksi terhadap perempuan inisiator dari 12 Kab/Kota dan menetapkan 3 terbaik perempuan inisiator Indonesia dari Provinsi Riau. Dari ke -3 perempuan inisiator Prov.Riau ini terpilih Ibu Miskiyah dari Kabupaten Rokan Hilir menerima Penghargaan Perempuan Inisiator Indonesia dari Kementerian PPPA Republik Indonesia.   

Pada kesempatan berbeda dalam rangka PHI DP3AP2KB Bersama tim penggarak PKK melakukan kegiatan sosial berupa kunjungan ke panti jompo dan panti asuhan.


Image title

Image title