close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Verifikasi Penilaian APE Provinsi Riau Bersama Kementerian PPPA RI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5396
Jum'at, 19 Mar 2021

PEKANBARU – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Selasa (16 Maret 2021) melakukan Verifikasi Lapangan bagi Pemerintah Provinsi Riau dalam rangka pemberian penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020. Verifikasi secara virtual yang dilaksanakan terpusat di Ruang Melati Kantor Gubernur ini dipimpin langsung Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting, dan dihadiri Ade Hartati selaku Anggota DPRD Provinsi sekaligus Gender Champion Provinsi Riau, Ketua Pokja PUG Provinsi Riau yang diwakili Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappedalitbang Provinsi Riau Heriyanto, Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau Tengku Hidayati Effiza, OPD dilingkungan Pemerintah Provinsi Riau, organisasi perempuan, organisasi masyarakat dan profesi serta dunia usaha.

Deputi Bidang Pemberdayaan Perempuan Kementerian PPPA RI dalam sambutan yang diwakili Krisdianto menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Riau karena telah menunjukkan komitmennya mendukung pelaksanaan PUG di wilayah bumi lancang kuning. “Data dan informasi yang telah disampaikan melalui form evaluasi ini sangat berharga bagi Kementerian PPPA dan Pemerintah Provinsi sebagai landasan untuk melakukan langkah-langkah stategis, terencana, efektif dan efisien dalam mempercepat terwujudnya pembangunan yang berkeadilan dan merata bagi seluruh masyarakat baik laki-laki mapun perempuan dengan Pengarusutamaan Gender sebagai salah satu strateginya”, ujarnya melalui layar virtual.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Jenri Salmon Ginting saat membacakan Sambutan Gubernur menaruh harap agar pembangunan di Provinsi Riau kedepannya dapat lebih baik dan dirasakan oleh masyarakat luas. “Program dan Kegiatan yang kita laksanakan harus mampu membuktikan adanya Keadilan dan Kesetaraan Gender sebagai bukti bahwa pemerintah hadir untuk mensejahterakan seluruh lapisan masyarakatnya. Agar kesetaraan tersebut terwujud maka perlu penanganan lintas sektor dan dukungan dari semua pihak seperti OPD, Dunia Usaha, Organisasi Kemasyarakatan dan Sosial, serta Media agar pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan upaya pencapaian SDGs”, ungkapnya.

Anugerah Parahita Ekapraya (APE) merupakan bentuk penghargaan tertinggi di bidang pembangunan berbasis gender bagi Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia. Ketua Tim Verifikator APE pusat untuk Provinsi Riau, DR. Heru Kasidi menyampaikan bahwa penghargaan APE ini diberikan kepada yang berhasil mewujudkan pembangunan berbasis gender di daerahnya. “PUG adalah suatu strategi maupun pendekatan untuk mencapai kesetaraan bagi perempuan dan laki-laki. PUG ini memerlukan kebijakan, program kegiatan yang berperspektif gender. PUG harus terimplementasi pada setiap komponen infrastruktur pembangunan”, ujarnya.

Heri Yanto yang mewakili Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau selaku Ketua Pokja PUG dalam paparannya menjelaskan 7 Capaian Indikator Kelembagaan PUG seperti Komitmen, Kebijakan, Kelembangaan, SDM dan Anggaran, Data, Informasi dan KIE, Pedoman dan Metode, Peran serta Masyarakat. “Dimana Pemerintah Provinsi Riau dengan komitmen sudah memiliki Pergub nomor 18 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan pengarustamaan gender”, ungkapnya. Selain itu pada indikator Kebijakan RPJMD Provinsi Riau diungkap Heri telah berbasis gender, hal ini sesuai dengan misi pertama pemerintahan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yaitu Mewujudkan sumber daya manusia yang beriman, berkualitas dan berdaya saing global melalui pembangunan manusia seutuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, T. Hidayati Effiza, mengatakan bahwa Provinsi Riau telah meraih penghargaan APE tingkat Pratama pada tahun 2016. Sedangkan pada tahun 2018 Provinsi Riau naik tingkat pada Madya. “Untuk itu kami berharap pada Penghargaan APE tahun 2020 yang diberikan pada tahun 2021 ini Pemerintah Provinsi Riau dapat naik tingkat kelevel yang lebih tinggi lagi yaitu Utama dan Mentor”, harapnya mengakhiri.

Penulis : Tetty Nurdianti, SE 

Editor : Rizky Kurniawan, SE

Fotografi : Muhammad Syafri, S.Kom


Image title

Image title

Image title