close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peringatan Hari TB Sedunia, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Edukasi Masyarakat Melalui RRI

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5398
Kamis, 25 Mar 2021

dr. Sri Indah Indriani, Sp.P menjelaskan tentang penyakit TB saat siaran Jendela Informasi Kita RRI Pro 1 Fm

Memperingati Hari TB sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2021, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali mengedukasi masyarakat melalui program Jendela Informasi Kita dengan judul "Penyakit Tuberkolosis (TB)" bersama dokter Spesialis Paru RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Sri Indah Indriani, Sp.P dan Pauline Pakpahan dari Komunitas Tuah TB (22/3/2021).

Dalam program yang disiarkan di RRI pro 1 pukul 10 pagi ini, dr. Sri indah menjelaskan Penyakit TB merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh kuman TB yang menyerang berbagai organ tubuh. Gejalanya diantaranya yakni : demam, batuk - batuk selama 2 Minggu, turun berat badan dan berkeringat malam.

Image title

dr. Sri Indah Indriani, Sp.P

Dalam pengobatannya pasien diwajibkan meminum obat selama 6 bulan dan tidak boleh terhenti. Jika terhenti dapat menyebabkan resistensi obat dan proses penyembuhan menjadi semakin lama. Selama pengobatan, pasien diwajibkan untuk memakai masker agar tidak menularkan ke orang lain.

Agar terhindar dari TB maka yang harus dilakukan adalah meningkatkan imun tubuh dengan rajin berolahraga dan makan makanan bergizi.

Kepada masyarakat dr. Sri Indah berpesan apabila memiliki gejala TB segera periksakan ke dokter. Jangan takut karena penyakit TB ini dapat disembuhkan dan semua biaya pengobatannya gratis di tanggung pemerintah.

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas