close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

[Live Talkshow] Covid-19 Pada Anak Dan Pencegahannya Serta Penanganan Bayi Baru Lahir Dengan Ibu Positif Covid-19

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5500
Kamis, 29 Jul 2021

Halo Cik Puan,

 

Bersempena dengan Hari Anak Nasional, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan Live Talkshow dengan judul " Covid pada anak dan pencegahannya serta penanganan bayi lahir dengan ibu yang terpapar Covid-19".

Dalam Live Talkshow yang disiarkan di Riau Televisi (RTV) pada selasa pagi (27/7/2021) menghadirkan narasumber dokter spesialis anak RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Dr. dr. Deddy Satriya Putra, Sp.A (K) dan dr. Nazardi Oyong, Sp.A

 

Dalam penyampaiannya dr. Deddy menjelaskan Covid pada anak - anak cenderung tidak bergejala. Hal ini disebabkan sistem imun pada anak - anak belum bekerja maksimal sehingga apabila terpapar Covid-19 imun tersebut belum merespon dan virus hanya menetap tubuh tanpa menimbulkan gejala. Walaupun tak bergejala namun anak - anak yang positif Covid-19 dapat menyebarkan Covid-19 ke orang sekitarnya. Oleh karena itu jika anak - anak terconfirm Covid-19 segera periksakan ke rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan.

 


Dr. dr. Deddy Satriya Putra, Sp.A (K)

Adapun tips - tips dari dr. Deddy agar anak - anak terhindar dari Covid-19 yaitu : untuk anak diatas 2 tahun disarankan memakai masker, tetap dirumah, dan lakukan vaksinasi untuk anak serta segera kedokter bila bergejala.

Untuk bayi baru lahir dari ibu yang positif dianggap telah terpapar covid-19. dr. Oyong menjelaskan penanganannya tidak jauh berbeda dari biasanya. Hanya saja pemotongan tali pusar dilakukan sesegera mungkin dan apabila sudah stabil segera dimandikan. Bayi tersebut dikatakan aman apabila terbukti 2x negatif swab dalam interval 1 x 24 jam.

 


dr. Nazardi Oyong, Sp.A

Untuk perawatan, bayi tersebut dirawat bersama ibunya dengan catatan sang ibu mampu untuk merawat bayi tersebut. Hingga saat ini belum ada literatur ataupun penelitian pemerintah ataupun WHO yang menyebutkan bahwa Covid-19 dapat menular melalui ASI. Oleh karena itu sang ibu boleh saja menyusukan bayinya dengan syarat memakai masker dan mencuci tangan terlebih dahulu. Perawatan ini dilakukan hingga si ibu dan bayinya terconfirm negatif dan diperbolehkan pulang oleh dokter.

 

Kepada masyarakat khususnya ibu - ibu hamil, dr. Oyong berpesan jangan sampai terkena Covid-19 waktu hamil karena akan sangat menyusahkan. Tetap terapkan protokol kesehatan agar dapat melahirkan dengan aman dan nyaman.

 

Salam MedikAA
 #bersatupedulidanikhlas
 #bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi