close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Berhasil Angkat Tumor Ovarium Seberat 40 Kilogram

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5510
Rabu, 18 Agu 2021

Tumor seberat 40 kg berhasil diangkat dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk bersama tim bedah kanker terpadu

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau baru - baru ini telah berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor ovarium dengan berat 40 Kg (Selasa, 10 Agustus 2021).

Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis Obgyn Konsultan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu dr. Ari Hidayat, Sp. OG (K) Onk dengan dokter anestesinya dr. Yustisa Sofirina, Sp. An dan tim bedah kanker RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

dr. Ari menjelaskan operasi ini memakan waktu lebih kurang 2 Jam yang di mulai pukul 10.00 hingga pukul 12.00 WIB. Sebelum dioperasi, pasien menjalani tes PCR untuk memastikan bebas Covid-19. Saat ini kondisi pasien telah membaik dan akan diperbolehkan pulang. Nantinya setelah hasil Lab PA keluar akan diputuskan apakah pasien akan menjalankan kemoterapi atau tidak.

Didampingi suami, setelah menjalani perawatan beberapa hari pasca operasi pasien telah dapat berdiri

Secara umum dr. Ari menjelaskan penyakit ini bisa terjadi akibat keturunan atau terpapar zat berbahaya baik dari makanan maupun dari udara yang tidak sehat. Gejalanya berupa terjadi nyeri dan pembengkakkan di perut, nafsu makan berkurang, susah BAB dan terjadi pendarahan dari jalan lahir.

Oleh karena itu, dr. Ari berpesan kepada masyarakat agar segera melakukan pemeriksaan ke faskes terdekat apabila ditemukan adanya pembengkakkan di bagian tubuh. Jangan dibiarkan karena pembengkakkan itu semakin lama akan membesar dan penanganan yang dilakukan akan semakin sulit. Agar tubuh tetap sehat dr. Ari juga menganjurkan untuk selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari berbagai penyakit.

Jadwal Praktek dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi.