close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Kenali Dini Tumor Ovarium Bersama Dokter Spesialis Obgyn Konsultan Onkologi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5521
Kamis, 26 Agu 2021

Halo Cik Puan

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kembali memberikan edukasi kesehatan melalui Program Jendela Informasi Kita di RRI Pro 2 FM (Senin, 23/08/2021) dengan judul “Kenali Dini Tumor Ovarium” bersama dokter spesialis obgyn konsultan Onkologi dr. Ari Hidayat, Sp.OG (K) Onk.

Dalam Talkshow via Zoom ini, dr. Ari menyampaikan tumor ovarium adalah tumor yang terjadi di indung telur (ovarium) pada wanita. Tumor ini tidak memiliki gejala awal sehingga susah untuk terdeteksi. Setelah tumor ini membesar baru akan timbul gejala seperti susah makan, perut terasa sesak dan susah buang air. Penanganannya dapat dilakukan melalui operasi. Jika tumor tersebut ganas pengobatan akan dilanjutkan dengan kemoterapi, ataupun radiasi.

Saat ini penyebab dari tumor ovarium belum diketahui. Adapun Orang – orang yang memiliki faktor resiko terkena tumor ovarium yakni : perempuan, tidak memiliki anak, pernah terkena riwayat kanker, memiliki keluarga yang terkena kanker, gemuk dan berusia lanjut.

Kepada masyarakat khususnya yang memiliki faktor resiko hendaknya harus waspada dan selalu memeriksakan diri ke dokter agar apabila terdapat tumor dapat terdeteksi sedini mungkin. Selain itu, hindari untuk mengkomsumsi makanan instan, berpengawet, serta udara tercemar agar badan tetap sehat dan jauh dari tumor dan kanker.

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi