close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Mengenal Penyakit HIV / AIDS Dan Pencegahannya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5525
Rabu, 01 Sep 2021

Halo Cik Puan,

RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau memiliki Unit Pelayanan Khusus (UPK) yang berfungsi untuk memberikan penanganan pada penderita HIV/AIDS.

Kepala UPK RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Silvia Indriani menjelaskan HIV adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh mulai melemah akibat HIV maka tubuh akan terserang berbagai penyakit. Fase ini disebut AIDS.

Penularan HIV / AIDS sebagian besar terjadi akibat melakukan prilaku beresiko seperti : melakukan hubungan seks yang tidak aman dan menggunakan jarum suntik yang tidak steril secara bergantian saat memakai Narkoba.

Penderita HIV umumnya tidak bergejala, namun setelah memasuki fase AIDS akan timbul gejala antara lain : Diare berkepanjangan, teinfeksi jamur di mulut dan kulit, infeksi yang berulang dan sering, penurunan berat badan, dan lama - lama dapat menyebabkan kematian.

HIV / AIDS sampai saat ini tidak bisa disembuhkan. Namun penderitanya dapat hidup sehat dengan HIV / AIDS apabila patuh dalam pengobatan seumur hidup dan meninggalkan prilaku yang beresiko.

Untuk itu dr. Silvi mengimbau kepada masyarakat agar tidak melakukan prilaku beresiko agar terhindar dari HIV/AIDS. Bagi yang pernah berprilaku beresiko segera tinggalkan dan lakukan tes HIV di faskes terdekat. Kepada Orang Dengan HIV / AIDS (ODHA) mari kita ayomi agar mereka tetap bersemangat menjalani hidup. Jauhi prilakunya bukan orangnya.

 

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi