close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Gubri Kagumi Sentra Parekraf Di Kampar

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5530
Senin, 06 Sep 2021

KORANRIAU.co,PEKANBARU- Gubernur Riau H Syamsuar melakukan peninjauan ke sejumlah sentra Pariwisata, Ekonomi dan Kreatif (Parekraf) yang ada di Kabupaten Kampar.

Saat peninjauan itu, Gubri didampingi Kepala Dinas Pariwisata Riau Roni Rakhmat dan Kadis Pariwisata Kampar Zhulia Darma. Sentra pertama yang dikunjungi Gubri yakni Rumah Makan Khas Ikan Kopiek tidak bertulang di Desa Pulau Jambu, Kecamatan Kuok.

Disini, Gubri memang benar-benar menikmati khas bumbu dari masakan ikan bakar kopiek itu. Bahkan Gubri, juga sempat terjun langsung untuk membakar ikan dengan didampingi pemilik rumah makan.

Kemudian Gubri meninjau sentra peternakan dan pengolahan ikan patin di Desa Koto Masjid, Kecamatan XIII Koto Kampar yang termasuk sebagai objek wisata. Gubri menyaksikan ratusan kolam ikan yang berisi ribuan ikan patin milik petani setempat.

Di lokasi itu, Gubri juga sempat memberikan pakan ikan ke dalam kolam. Gubri juga meninjau pengolahan beragam produk sentra ekonomi kreatif dari bahan ikan patin. Diantaranya, Ikan Salai Patin, Bakso Patin, Naget Patin, Sosis Patin dan lainnya.

Terakhir, Gubri menyempatkan diri mengunjungi objek Wisata Puncak Kompe di Jalan Lintas Riau-Sumbar, Desa Koto Mesjid, Kecamatan XIII Koto Kampar. Kawasan wisata ini, juga disebut 'Raja Lima' sebagai afiliasi dari kawasan wisata Raja Ampat di Papua.

"Puncak Kompe ini, puncak yang tinggi yang seperti Raja Ampat. Kalau yang ini disebut Raja Lima,"kata Gubri, Jumat (3/9/21).

Gubri mengakui, jika Puncak Kompe merupakan salah satu kawasan wisata yang indah di Kabupaten Kampar. Menurutnya, masih banyak lagi objek wisata yang menarik di daerh itu.

"Jadi marilah dengan senang hati, kita berwisata di Riau khususnya di Puncak Kompe yang ada di Kabupaten Kampar. Termasuk Desa Koto Masjid yang dikenal dengan Kampung Patin,"ajaknya.

Menurut Gubri, banyak usaha-usaha UMKM yang merupakan kegiatan keseharian dari masyarakat setempat. Apalagi, masyarakat Desa Koto Masjid juga telah melakukan kerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan (PHR), dalam upaya mengembangkan UMKM.

Dukungan Pemprov sendiri lanjut Gubri, tentunya dengan melakukan promosi dan pengembangan infrastruktur di kawasan wisata. Termasuk mengajak perusahaan BUMN, BUMD dan swasta berpartisipasi menjadi partner dalam pengembangan Parekraf.

Pada kesempatann itu, Gubri juga menyampaikan jika rencananya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatifk RI Sandiaga Uno akan mengunjungi Desa Koto Masjid XIII Koto Kampar itu. Namun saat ini, pihaknya masih menunggu jadwal. nor


Baca Juga : Dispar Riau Adakan Lomba Fotografi 2021, ini Syarat dan Ketentuannya

Baca Juga : Yuk Intip Keseruan Megi Irawan (Youtuber) Mengeksplore Indahnya Kuantan Singingi


Lihat Video Pariwisata Riau lainnya.


Sumber : Youtube Channel : Pariwisata Riau


------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#keriauaja

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia