close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelayanan Laboratorium Anatomi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5561
Rabu, 29 Sep 2021

Halo Cik Puan,

Salah satu layanan penunjang di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang berperan penting dalam penegakan diagnosis adalah Laboratorium Patologi Anatomi (Lab PA).

Pelayanan Lab PA berfokus pada pemeriksaan cairan (Sitopatologi) dan jaringan (Histopatologi) dari tubuh pasien yang bertujuan untuk mengetahui tingkat keganasan suatu penyakit seperti tumor dan kanker. Hasil dari Lab PA sangat membantu dokter penanggung jawab untuk menentukan tindakan tepat selanjutnya yang akan diberikan kepada pasien.

Dokter Spesialis Patologi Anatomi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Ina Farida Rangkuti, M. Ked (PA), Sp.PA menjelaskan Lab PA RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau memiliki 5 orang dokter spesialis PA dan telah didukung peralatan canggih yang cukup lengkap diantaranya yaitu Grossing Station, Frozen Section dan Bond Max. Dokter Spesialis Patologi Anatomi RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Ina Farida Rangkuti, M. Ked (PA), Sp.PA menjelaskan Lab PA RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau memiliki 5 orang dokter spesialis PA dan telah didukung peralatan canggih yang cukup lengkap diantaranya yaitu Grossing Station dan Bond Max.

 

Grossing Station merupakan tempat pemotongan jaringan yang lengkap, Frozen Section adalah alat proses cepat suatu jaringan tumor (<30 menit) untuk penentuan awal jinak atau ganas suatu tumor, dan Bond Max alat pewarnaan otomatis untuk memeriksa antibodi dalam suatu jaringan.

Dalam kasus kanker dr. Ina berpesan kepada masyarakat Riau untuk tidak perlu lagi keluar provinsi untuk melakukan pengobatan kanker. RSUD Arifin Achmad telah memiliki dokter spesialis hingga sub spesialis yang cakap, handal dan berpengalaman serta fasilitas penunjang yang lengkap mulai dari penegakan diagnosis hingga pengobatan kanker.

Salam MedikAA
#bersatupedulidanikhlas
#bersatubersinergidanberinovasiperangipandemi