close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Penebaran Benih Ikan Baung (Restocking) Di Indragiri Hulu

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5679
Selasa, 14 Des 2021

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Riau, menyelenggarakan Kegiatan Penebaran Benih Ikan Baung (Restocking) yang dilaksanakan di Sungai Indragiri Desa Redang Kecamatan Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu sebanyak 154.686 ekor ikan baung. Adapun tujuan dilakukannya Restocking adalah untuk menjaga kelestarian sumberdaya ikan di Sungai Indragiri dimana sumberdaya ikan tersebut telah mengalami penurunan stock dan penurunan  hasil tangkapan ikan yang dilakukan oleh nelayan (Indragiri Hulu,13/12/2021).

Kegiatan Penebaran Benih Ikan Baung (Restocking) ini dihadiri oleh Gubernur Riau, Bapak H. Syamsuar.yang menyampaikan bahwa penebaran benih Ikan Baung dalam rangka untuk melestarikan Ikan Baung yang ada di Sungai Indragiri, dengan berkembangnya ikan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu dalam sambutannya Gubernur mengharapkan kepada stakeholder atau pelaku perikanan dapat bersama-sama menjaga, melindungi, memulihkan sumber daya ikan melalui pokmaswas(kelompok masyarakat pengawas) yang ada di sekitar sungai Indragiri sehigga sumber daya perairan kita tetap lestari dan dapat memberikan konstribusi terhadap produksi perikanan provinsi riau dan khususnya kabupaten Indragiri Hulu.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Bapak Ir. H. Herman, M.Si menyampaikan bahwa dalam memanfaatkan sumber daya ikan di perairan umum perlu dilaksanakan dengan bijaksana agar berkelanjutan. Pemanfaatan sumberdaya ikan di perairan umum melalui kegiatan penangkapan mempunyai kecenderungan tidak terkendali, dimana jumlah ikan yang ditangkap tidak lagi seimbang dengan daya pulihnya. Penangkapan dengan menggunakan alat tangkap terlarang serta pencemaran lingkungan membuat stok ikan mengalami tekanan dan penurunan jumlah. Restocking merupakan salah satu upaya penambahan stok ikan tangkapan untuk ditebar di perairan umum, dimana perairan tersebut telah mengalami penurunan produksi dan padat tangkap. Kegiatan restocking yang dilaksanakan di Kabupaten Indragiri Hulu diharapkan dapat membantu pemulihan sumberdaya ikan serta mengembalikan fungsi dan peran perairan umum sebagai ekosistem akuatik yang seimbang.