close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Rapat Koordinasi Penerimaan Daerah Prov Riau TA 2015

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-576
Kamis, 21 Mei 2015

PEKANBARU- Dinas Pendapatan Provinsi  Riau melalui Bidang Retribusi, PADL, dan DBH melakukan Rapat Koordinasi Penerimaan Daerah Provinsi Riau T.A 2015 yang pimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Riau, SF Haryanto.

Rapat Koordinasi ini dilaksanakan pada hari Selasa (19/5/2015) bertempat diruang Rapat Kepala Dinas Pendapatan Provinsi Riau Jl. Sudirman Pekanbaru. Rapat pembahasan optimalisasi PAD ini dihadiri juga oleh perwakilan dari Dinas Pertambangan, Energi & Sumber Daya Mineral, Dinas Kehutanan, Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi, Dinas Perkebunan serta Pejabat Eselon III dan staf Bidang Retribusi PADL dan DBH.

Rapat dengan agenda pengoptimalisasian PAD ini dimulai dengan menginventarisir data dari setiap dinas untuk mencari potensi PAD yang selama ini belum tergali.

Salah satu hasil dari rapat tersebut adalah terbentuknya sebuah tim koordinasi yang akan bergerak secara intensiv dalam hal penelusuran setiap hal yang berpotensi meningkatkan Penerimaan Asli Daerah Riau Tahun 2015.

Tim yang diberi nama OPDA (Optimalisasi Pendandapatan Daerah) yang terdiri dari , Dinas Pertambangan, Energi & Sumber Daya Mineral, Dinas Kehutanan, Dinas Perkebunan, dan bekerjasama dengan BPKP, DJP, dan Kejaksaan tersebut kedepannya diharapkan mampu bekerja secara sinergis. Dikarenakan masih banyaknya potensi PAD yang masih bisa digali guna menutup defisit anggaran.

Seperti diketahui, pasca keluarnya Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 162 Tahun 2014 dan disusul dengan Perpres Nomor 36 Tahun 2015, Provinsi Riau mengalami deficit anggaran hingga 1,5 trilyun rupiah. Hal tersebut direspon positif oleh Pemerintah Provinsi Riau dengan menggali setiap potensi PAD guna menutupi defisit anggaran tersebut.