close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

SIARAN PERS : Menparekraf Bertemu Dubes RI Untuk RRT: Bahas Peluang Kerja Sama Di Sektor Parekraf

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5837
Kamis, 31 Mar 2022

Jakarta, 29 Maret 2022 - Menteri Pariwisata  dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, melakukan pertemuan dengan Duta Besar Indonesia  untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun, di Gedung Sapta  Pesona, Jakarta, Senin (28/3/2022). Dalam pertemuan tersebut keduanya  berdiskusi untuk membuka kembali peluang atau potensi kerja sama di  bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 

Peluang  kerja sama tersebut meliputi sharing best practice yang dilakukan kedua  negara dalam menangani pandemi COVID-19, sharing potensial investor  untuk berinvestasi di Indonesia khususnya di lima destinasi super  prioritas dan di delapan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di  Indonesia, serta meningkatkan kehadiran restoran Indonesia di Beijing.

“Nanti  kita coba petakan dengan jajaran di Kemenparekraf untuk langkah-langkah  yang bisa kita lakukan supaya sebelum mereka membuka, bagaimana kita  mengantisipasi dengan kegiatan promosi, aktivasi, maupun juga dari segi kegiatan investasi,” kata Menparekraf.

Seperti  diketahui, Tiongkok sedang memberlakukan kebijakan Zero COVID-19 Policy  untuk mengatasi pandemi di negaranya. Masyarakat Tiongkok belum dapat  melakukan perjalanan wisata ke luar negeri, karena pintu perbatasan mereka belum dibuka.

Selain  itu, Menparekraf menginisiasi kerja sama berupa joint promosi dalam  bahasa Mandarin, sehingga tidak hanya berkenaan dengan ucapan selamat  tahun baru Imlek, tapi juga materi promosi pariwisata dan ekonomi  kreatif lainnya. Dengan demikian, jangkauan pasar Tiongkok dapat lebih  luas dan tepat sasaran.

“Saya  sangat senang sekali melakukan promosi dengan menggunakan Bahasa  Mandarin. Karena menurut saya ini merupakan strategi  pemasaran yang  paling efektif  untuk menjangkau mereka (wisatawan Tiongkok),” ujarnya.

Menparekraf  juga mendorong Duta Besar RI untuk RRT agar dapat ikut mendukung   tercapainya  segmentasi wisatawan yang lebih mengarah ke quality tourism  dan pariwisata keberlanjutan. 

“Pandemi  pastinya telah merubah perilaku wisatawan, mereka benar-benar mencari  destinasi wisata yang aman dan nyaman. Saya banyak berharap, melalui  kerja sama ini bisa ke arah ecotourism, desa wisata, hingga wisata  bahari karena mereka (wisman) suka sekali,” kata Sandiaga Uno. 

Dalam  kesempatan itu, Menparekraf meminta dukungan Pemerintah RRT dalam  menyukseskan kegiatan internasional yakni World Tourism Day 2022 dan  juga G20, karena tahun ini Indonesia didapuk sebagai tuan rumah.

“Dengan  ini saya mendukung untuk para wisatawan dari Tiongkok dan juga para  investor dan pengusaha untuk bekerja sama dengan Indonesia dalam membuka  kembali peluang usaha dan lapangan kerja demi kebangkitan ekonomi kita.  Saya mengajak Pak Dubes dan tentunya di bawah pimpinan Presiden  Republik Indonesia, Bapak Jokowi, berkolaborasi menyusun tatanan ekonomi  baru,” kata Menparekraf.

Duta  Besar Republik Indonesia untuk Republik Rakyat Tiongkok, Djauhari Oratmangun, menyampaikan terima kasih karena sudah diundang untuk membahas potensi yang bisa dikolaborasikan. Ia juga sepakat dengan Menparekraf bahwa bukan hanya jumlah yang menjadi fokus kerja sama kita  tapi kualitas dari pada wisatawan yang berkunjung ke Indonesia.

“Pak  Menteri terima kasih,  saya senang sekali hadir di sini, mudah-mudahan  dengan kolaborasi dan kerja sama, kita bisa mempromosikan tourism  economy dan industri kreatif Indonesia di Tiongkok,” katanya.

Turut  mendampingi Menparekraf, Deputi Bidang Industri Dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Henky Hotma Parlindungan Manurung dan Plt.  Deputi Bidang Pemasaran, sekaligus Sekretaris Kemenparekraf/Sekretaris  Utama Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani. 


I Gusti Ayu Dewi Hendriyani

Kepala Biro Komunikasi

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Sumber : kemenparekraf.go.id


Baca Juga : Siaran Pers: Menparekraf: Kebijakan Bebas Karantina dan VOA Hadirkan Optimisme Baru Kebangkitan Ekonomi

Baca Juga : 29 Maret, ASITA Riau Kepemimpinan Dede Firmansyah Gelar Musdalub

LIVE Launching Kalender Event Pariwisata Riau dan Anugerah Pariwisata Riau 2022


Rangkuman Launching Kalender Event Pariwisata Riau 2022 dengan Tema Riuh Riau


------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#keriauaja

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia