close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Peringati Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi, Wakil Gubernur Riau Targetkan Riau Layak Anak Di Tahun 2023

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-5970
Kamis, 28 Jul 2022

PEKANBARU [DP3AP2KB] – Hari Anak merupakan upaya Negara untuk memberikan penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak sebagai generasi penerus bangsa, serta momentum menggugah kepedulian segenap elemen bangsa dalam mewujudkan Indonesia Layak Anak (IDOLA) di Tahun 2030.

Dalam rangka memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) yang diperingati pada tanggal 23 Juli setiap tahunnya, Pemerintah Provinsi Riau menyelenggarakan Peringatan HAN Tingkat Provinsi terpusat di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Rabu (27/7/2022).

Mengusung tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”, kegiatan yang dihadiri Wakil Gubernur Riau H Edy Natar Nasution, perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Instansi/Lembaga mitra kerja dibidang perlindungan anak, dan Wakil Ketua I Tim Penggerak PKK Provinsi Riau ini terlaksana dengan meriah dan penuh suka cita melibatkan pelajar berbagai tingkatan di Kota Pekanbaru, dan penampilan kesenian dari anak-anak kabupaten/kota.

“Agenda puncak HAN Tingkat Provinsi Riau tahun ini ada pembacaan Suara Anak Riau Tahun 2022, Penyerahan Piagam Penghargaan Gubernur Riau kepada organisasi atau lembaga dan tokoh yang dinilai berjasa serta berdedikasi tinggi dalam upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di Provinsi Riau, serta penampilan seni dan bakat anak-anak Riau,” ujar Kepala Dinas P3AP2KB Provinsi Riau, Hj Fariza saat membacakan laporan panitia.

Wakil Gubernur Riau (Wagubri), H Edy Natar Nasution berharap Hari Anak ini selain menjadi wahana refleksi bangsa dalam perlindungan anak juga menjadi wadah bagi anak mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai kegiatan positif, salah satunya melalui ajang pertunjukan kreasi seni dan budaya.

Karena menurut Wakil Gubernur karakter anak dipengaruhi oleh banyak faktor, dimana salah satunya adalah lingkungan keluarga yang menitik beratkan pada pola pengasuhan. Selain itu lingkungan kota yang asri dan ramah terhadap lansia, perempuan dan anak juga menjadi salah satu barometer pembangunan saat ini.

Bagaimana suatu pemerintahan mampu menciptakan wilayah yang aman dan nyaman bagi warganya menjadi mimpi dan harapan semua pihak, tidak terkecuali bagi anak.

“Kami berharap melalui momentum HAN ini kedepannya mampu mendrong kita semua mulai dari unsur Pemerintah, Dunia Usaha, Lembaga Kemasyarakatan, Dunia Pendidikan dan Media Massa untuk menjadi leading sector dalam melakukan kerja-kerja aktif yang berimplikasi langsung terhadap tumbuh kembang anak dengan melakukan upaya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak di sektor masing-masing,” ungkap H Edy Natar Nasuiton.

Hal ini menurut Wagubri dapat dilakukan melalui pengintegrasian komitmen kedalam program Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) yang telah dikembangkan pemerintah pusat sebagai bentuk implementasi setelah meratifikasi Konvensi Hak Anak melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990.

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini kami berikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten/Kota yang telah mengintegrasikan seluruh sumberdaya yang dimiliki dalam mewujudkan KLA di wilayahnya masing-masing,” ujar Wagubri.

Berdasarkan Evaluasi KLA Tahun 2022 yang pemberian penghargaannya berlangsung pada tanggal 22 Juli yang lalu, terdapat 11 kabupaten/kota di Provinsi Riau yang telah meraih Anugerah KLA diberbagai tingkatan yaitu Kabupaten Siak ditingkat Utama, Kabupaten Kepulauan Meranti, Kabupaten Indragiri Hulu, Kota Dumai dan Kota Pekanbaru ditingkat Nindya, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Kampar, Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Indragiri Hilir ditingkat Madya, serta Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Rokan Hilir ditingkat Pratama.

“Semoga ditahun 2023 nanti Kabupaten Kuantan Singingi dapat menyusul 11 daerah lainnya sehingga mengantarkan Riau sebagai salah satu Provinsi Layak Anak di Indonesia,” harap Wagubri.

Sebagai wujud apresiasi Pemerintah Provinsi terhadap dedikasi dan sumbangsih nyata berbagai pihak dalam pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak, Gubernur Riau memberikan Piagam Penghargaan dengan berbagai kategori yaitu :

  • Forum Anak Berdedikasi kepada Forum Anak Riau dan Forum Anak Kabupaten Pelalawan yang meraih penghargaan DAFA Award 2022 dari Kementerian PPPA pada tanggal 22 Juli 2022 di Ancol.

  • Tokoh Inspiratif Peduli Anak Riau kepada  Risdayati  atas dedikasinya membantu pemerintah dalam pengembangan KLA di Provinsi Riau, dan Hilva Ramadhani  sebagai penggiat Sekolah Ramah Anak dimana MI Uways Al Qorni Pekanbaru menjadi satu-satunya MI di Indonesia yang sudah terstandardisasi Nasional.

  • Organisasi/Lembaga Pemerintah yang memiliki komitmen terhadap Pemenuhan Hak dan Perlindungan Khusus Anak di Provinsi Riau kepada Dinas P3AP2KB Kabupaten Siak selaku penanggungjawab program KLA dimana Siak menjadi satu-satunya Kabupaten/Kota di Riau yang mendapatkan penghargaan KLA ditingkat tertinggi yaitu Utama, Bapas Kelas II Pekanbaru dan LPKA Kelas II Pekanbaru sebagai Lembaga yang berdedikasi dalam pengisian SIMEP-PA KPAI Tahun 2022 dimana Pemerintah Provinsi mendapatkan penghargaan dari KPAI, serta Kepolisian Daerah Riau, Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau dan Badan Narkotika Nasional Provinsi Riau sebagai Mitra Kerja Pelaksanaan Program Kerja Forum Anak Riau.

Image title

Sumber : Bidang Kelembangaan Tumbuh Kembang Pemenuhan Hak Anak