close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sempena Hari Konservasi Alam Nasional 2022, Gubri Touring Motor Di Tahura

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6012
Minggu, 14 Agu 2022

Pekanbaru – Dalam rangka Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau yang ke-65 dan Bersempena dengan Hari Konservasi Alam Nasional Ke-13, Gubernur Riau, H. Syamsuar, M.Si., didampingi Sekda Provinsi Riau, H. SF. Hariyanto  dan Kadis Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau, Dr. Ir. Mamun Murod, MM. melakukan Touring motor ke Wisata Alam Minas Tahura bersama para Forkompimda, Komunitas roda dua serta para penerima Adiwiyata pada Minggu (14/8/2022).                        

Acara yang diadakan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan ini mengusung Tema “Cintai Alam Tahura Menuju Riau Hijau”, dimana acara ini selain melakukan Touring Motor bersama para komunitas roda dua, akan ada penyerahan penghargaan Setia lestari Bumi 2022 dan Penanaman Tanama Hutan di bumi perkemahan Wisata Alam Minas Tahura Sutan Syarif Qasim. 

Pada sambutannya di HKAN ke-13 Gubri mengatakan, “Tujuan Peringatan HKAN adalah untuk mengkampanyekan pentingnya konservasi alam bagi kesejahteraan masyarakat, sehingga melalui momentum ini diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk turut serta berperan aktif dalam penyelamatan ekosistem alam. Peringatan HKAN Tahun 2022 mengambil tema Amerta Tatsu Abinaya”, yang artinya “Memulihkan Alam untuk Masyarakat Sejahtera”.

Pada hari yang sama, Kadis LHK Provinsi Riau juga mengatakan, “Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) adalah momentum keteladanan dan aksi nyata memasyarakatkan Konservasi Alam sebagai sikap hidup dan budaya bangsa Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 Agustus.

Pada acara ini, juga akan diumumkan Pemenang Lomba Kota Bersih Se Provinsi Riau Tahun 2022, Penghargaan Setia Lestari Bumi, yang merupakan penghargaan bagi individu maupun kelompok masyarakat yang berjasa dalam menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup dan kehutanan  di Provinsi Riau dan Penghargaan Sekolah Adiwiyata, yaitu pemberian Penghargaan terhadap sekolah yang telah berhasil melaksanakan gerakan peduli dan berbudaya lingkungan di sekolah yang dimulai dari perencanaan, pelaksanaan dan pemantauan dan evaluasi. 

Berikut pemenang Lomba pada masing-masing kategori, Pemenang Lomba Kota Bersih Se Provinsi Riau, Juara 3 adalah Bengkalis, Juara 2 adalah Siak Sri Indrapura dan Juara Pertama adalah Bagan Siapiapi. Kemudian untuk penghargaan Setia lestari Bumi 2022 adalah Ninik Mamak Kenagarian, Kategori Penyelamat Lingkungan, kemudian Habiburahman, Kategori Perintis Lingkungan, dan yang terkahir adalah Litjen Manihuruk, kategori Perintis Lingkungan. 

Untuk Kategori Penerima Penghargaan Sekolah Adiwiyata Provinsi Riau Tahun 2022 yang akan diserahkan pada hari ini,  adalah : sebanyak 23 sekolah, dengan rincian sebagai berikut : Kabupaten Bengkalis 8 sekolah; Kota Pekanbaru 3  Sekolah; Kab. Rokan Hilir 5 sekolah; Kab Pelalawan 1  sekolah;   Kab. Kampar 1 sekolah; Kab. Kuansing 1 sekolah;  Kab. Indragiri Hulu 4 sekolah. (MCR/DLHK)

 

Image title

Image title

Image title

Image title

Image title