close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelaku Ekraf Harus Perkuat Jiwa Entrepreneurship Hadapi Tantangan Ekonomi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6025
Senin, 22 Agu 2022

PEKANBARU - Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno mengajak pelaku pariwisata dan ekonomif khususnya di Pekanbaru untuk terus memperkuat jiwa dan semangat entrepreneurship. Hal itu untuk meningkatkan peluang kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Pelaku Ekraf Harus Perkuat Jiwa Entrepreneurship Hadapi Tantangan Ekonomi

Menparekraf Sandiaga saat menghadiri acara pelatihan ekonomi kreatif bersama Gemawira (Gerakan Masyarakat Wirausaha), Sabtu (20/8/2022) di Pekanbaru.


“Terutama di tengah tantangan ekonomi yang ada di depan mata akibat ancaman krisis global,” kata Menparekraf Sandiaga saat menghadiri acara pelatihan ekonomi kreatif bersama Gemawira (Gerakan Masyarakat Wirausaha), Sabtu (20/8/2022) di sebuah kafe, Pekanbaru.

Menparekraf mengatakan, di tengah kondisi pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih, masyarakat sudah dihadapkan dengan tantangan ekonomi dengan naiknya harga-harga kebutuhan bahan pokok akibat krisis global. 

"Karenanya kita harus dapat meningkatkan penghasilan yang salah satunya adalah dengan memiliki usaha. Kita harus punya keahlian," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Pelatihan ini, dikatakan Sandiaga, menjadi salah satu upaya pihaknya berkolaborasi dengan berbagai kalangan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas para pelaku ekonomi kreatif. 

Ia optimistis pelaku ekonomi kreatif di Kota Pekanbaru dapat meraih peluang dengan melihat dari potensi yang ada. 

Dikatakan dia, dunia yang sedang menghadapi tantangan seperti krisis pangan dan energi, dapat dijawab oleh pelaku ekraf di Pekanbaru karena wilayah ini memiliki sumber daya energi juga pangan yang tinggi. 

"Provinsi Riau merupakan salah satu penghasil sawit yang tinggi, dan banyak limbahnya yang belum dimaksimalkan. Karenanya melalui pelatihan ini kita harapkan produk-produk seperti hand sanitizer juga sabun cuci tangan dapat menjadi peluang untuk dipasarkan tidak hanya di Pekanbaru tapi ke daerah-daerah lain," kata Sandiaga. 

Lebih jauh, kata Sandiaga, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan penandatanganan nota kesepahaman dengan BPOM agar dapat mempercepat proses sertifikasi bagi produk-produk UMKM ekraf. Sehingga nantinya peluang produk tersebut untuk dipasarkan lebih luas dapat dilakukan. 

"Kami akan percepat prosesnya dan akan koordinasi dengan pemerintah kota dan provinsi agar produk-produk yang dihasilkan masuk dalam e-katalog lokal. Sehingga target penyerapan antara Rp500 sampai Rp600 triliun dapat membuka lapangan kerja baru dan meningkatkan ekonomi 1,7 sampai 2 persen secara nasional dapat terwujud," kata Sandiaga. 

PJ Wali Kota Pekanbaru Muflihun menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenparekraf/Baparekraf dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Pekanbaru. 

"Kami telah menyiapkan gedung promosi bagi UMKM sehingga diharapkan dapat meningkatkan peluang dari pelaku ekraf untuk berkembang," kata Muflihun.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Bidang Pengaman Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf Brigen TNI Ario Prawiseso, Direktur Event Daerah Kemenparekraf Reza Fahlevi serta Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua. 

(Mediacenter Riau/jep)