close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pulang Kampung Ke Riau, Sandiaga Uno Kunjungi Istana Siak

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6027
Senin, 22 Agu 2022

SIAK  - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkunjung di Kota Siak Sri Indrapura. Kedatangan Sandi di Kota Pusaka itu sebagai bentuk dukungan kebangkitan dan ekonomi kreatif di Provinsi Riau.

Pulang Kampung ke Riau, Sandiaga Uno Kunjungi Istana Siak

Menparekraf Sandiaga Uno menyambangi Istana Siak Sri Indrapura, Sabtu (20/8/2022) petang.


Didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Siak Alfedri, Sandi menyambangi Istana Siak. Istana ini dijuluki Istana Matahari Timur atau Istana Asserayah Hasyimiah.

Sandi melihat beragam koleksi warisan kerajaan berupa kursi singgasana Raja, duplikat mahkota kerajaan, brankas kerajaan, tombak, payung kerajaan, patung perunggu Ratu Wihemina.

Di dalam Istana Siak, ia sempat berfoto dengan alat musik gramofon yang 'komet'. Konon alat musik itu hanya ada dua di dunia. Yakni berada di Jerman dan Siak. Dibawa oleh Sultan Siak ke XI bernama Sultan Assyaidis Syarif Hasyim Abdul Jalil dari Jerman ke Siak pada tahun 1896.

Untuk memainkan alat musik ini harus diputar secara manual terlebih dahulu. Alunan musik klasik dari komponis terkenal Ludwig van Beethoven, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Richard Strauss dapat didengarkan dalam piringan dari baja. 

Selain menyimpan benda klasik berupa komet, Istana yang dibangun pada tahun 1889 ini terdapat berbagai koleksi lain. Di antaranya replika mahkota kerajaan Siak, koleksi senjata yang digunakan oleh raja.

Istana Siak Sri Indrapura memiliki perpaduan arsitektur Melayu-Arab-Eropa. Pada dinding istana kemenangan keramik yang didatangkan dari Prancis.  

Ketika berkunjung di Istana Siak, Menteri Sandi mengatakan, bahwa pariwisata akan membuka peluang usaha dan menciptakan geliat ekonomi kreatif.

“Pertama tentunya akan membuka peluang usaha dan kebangkitan ekonomi yang merupakan bagian dari terciptanya geliat ekonomi kreatif,” kata Sandiaga di halaman Istana Siak pada Sabtu (20/08/2022). 

Ia menambahkan, bahwa Provinsi Riau, terutama Kabupaten Siak, memiliki potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang sangat kuat. Sehingga, ia yakin jika pembangunan sektor ekonomi akan menjadi penggerak ekonomi tersendiri untuk masa depan.

“Karena Siak dan Provinsi Riau ini sangat kuat sumber daya alamnya, tetapi kita yakin jika ekonomi kreatif yang dibangun ini akan menjadi lokomotif (penggerak) ekonomi kita ke depan,” ujar Sandi.

Menteri yang dijuluki "Papa Online" itu, mengetahui Gubernur Riau Syamsuar dan Bupati Siak Alfedri, Riau adalah tanah kelahirannya dan bisa menjadi pemenang dalam melawati tantangan ekonomi saat ini.

“Saya yakin bahwa Provinsi Riau bisa jadi pemenang. Saya selamat selamat kepada pak gubernur dan bapak bupati. Terima kasih," tutupnya.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Staf Khusus Bidang Pengaman Destinasi Wisata dan Isu-Isu Strategis Kemenparekraf Brigjen TNI Ario Prawiseso, serta Direktur Tata Kelola Destinasi Kemenparekraf Indra Ni Tua. 

(Mediacenter Riau/bib)