close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Mari Kenali Gejala Kudis Dan Penyebabnya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6166
Sabtu, 21 Jan 2023

Halo Cik Puan,

Apabila kulit pada bagian tubuh tertentu sering terasa gatal khususnya pada malam hari, maka bisa saja pada bagian tubuh tersebut telah terkena Kudis atau Skabies.

 

Dokter Spesialis kulit dan kelamin RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Sukasihati, Sp.KK saat memberikan penyuluhan bersama unit PKRS RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau kepada pengunjung Poliklinik Rawat Jalan (Rabu, 18/01/23) menjelaskan Kudis disebabkan oleh parasit tungau yang berukuran ± 1.3 mm. Tungau ini dapat membuat terowongan dan berkembang biak dengan cara bertelur di bawah kulit.

Gejala – gejalanya terdapat benjolan – benjolan merah dan lepuhan kecil pada area tubuh tertentu dan terasa sangat gatal pada malam hari. Jika ada salah satu anggota keluarga Cik Puan yang terkena maka berhati – hatilah karena Kudis dapat menular melalui sentuhan kulit dan pengunaan barang yang bersamaan seperti pakaian, handuk dan alas tempat tidur.

Untuk mengobati kudis jangan gunakan sembarang obat, sebaiknya periksakan penderita dan seluruh anggota keluarga ke dokter. Selain itu selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar agar dapat terbebas dari tungau penyebab Kudis.

Salam MedikAA