close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Rapat Kerja TIM Satgas Tanggap Darurat Penyakit Ikan Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6216
Jum'at, 24 Feb 2023

Pada hari Kamis Tanggal 23 Februari 2022 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau mengadakan Rapat Kerja TIM SATGAS Tanggap Darurat Penyakit Ikan Provinsi Riau.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir. H. Herman, M.Si, Pertemuan juga di hadiri oleh DJPB KKP RI, Tenaga Ahli HPI dan Dinas Perikanan Kabupaten/Kota se Provinsi Riau serta Pematerinya yang akan di sampaikan oleh Bapak Andi Rahman, S.Pi dan Ibu Dr. Ir Iesje Lukistyowaty, M.S.

Dari tugas gugus tugas Provinsi terdapat 5 Point yang sudah dijalankan sebagaimana mestinya, yang harus dilakukan selanjutnya adalah:

a)Melakukan identifikasi terhadap potensi terjadinya serangan wabah penyakit ikan

b) Melakukan tindakan peringatan dini dengan menyediakan dan menyebarluaskan informasi gejala penyakit ikan yang dilakukan pada sosial media atau media lainnya.

c) Menyusun jenis-jenis penyakit ikan yang sering menyerang unit usaha budidaya di provinsi Riau

d) Melakukan peningkatan wawasan dianataranya melakukan pengambilan sampel untuk uji di lapangan, penanganan awal terhadap ikan yang sakit.

e)Melakukan pembinaan kepada pembudidaya apa yang harus dilakukan untuk mencegah penyakit ikan.

Selanjutnya diharapkan untuk Dinas Perikanan Kabupaten/Kota untuk segera membentuk Tim Gugus Tugas Tanggap Darurat Kabupaten/Kota sebagai amanat dari Permen KP No 13 Tahun 2021 tentang Tanggap Darurat dan Pengendalian Penyakit Ikan.Image title