close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pentingnya Penerapan Log Book Penangkapan Ikan Dalam Pengelolaan Perikanan Mewujudkan Penangkapan Ikan Terukur

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6244
Kamis, 16 Mar 2023

Data logbook penangkapan ikan memiliki nilai urgensi yang tinggi dalam mekanisme pengelolaan sumber daya ikan. Dimana data dan informasi yang akurat dan berkualitas merupakan  komponen dasar/awal untuk penyusunan rekomendasi yang akan menghasilkan kebijakan. 

Data logbook penangkapan ikan diharapkan mampu memberikan gambaran yang lebih rinci dan terkini terhadap tingkat pemanfaatan sumber daya ikan di wilayah pengelolaan perikanan. Agar data yang diperoleh akurat, berkualitas mendekati fakta dan mencerminkan keadaan sesungguhnya dilapangan diperlukan pemahaman terhadap pengisian data log book penangkapan ikan oleh petugas pengumpul data, nakhoda dan nelayan.

Untuk mendukung penerapan log book penangkapan ikan di kabupaten/kota yang ada di Provinsi Riau, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau melaksanakan Pertemuan Log Book Penangkapan Ikan Tingkat Provinsi yang dilaksanakan pada tanggal 13 s/d 14 Maret 2023 bertempat di Hotel Dafam Jl. Sultan Syarif Qasim No. 150 Pekanbaru. 

Image title


Pertemuan ini diawali  dengan Laporan Ketua Pelaksana Kegiatan disampaikan Kepala Bidang Perikanan Tangkap Bapak Ahmad Fauzan Rasyidy, SE. M.Si lalu dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Riau Bapak Ir. H. Herman, M.Si dengan Narasumber dari Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan KKP RI Bapak Aris Budiarto, S.Pi, M.Si dan Ibu Rista Devi Juniar, S.Pi. 

Peserta pada pertemuan tersebut adalah Petugas Dinas Perikanan dan Penyuluh Perikanan yang berasal dari 7 (tujuh) Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau yang memiliki wilayah laut (Kabupaten Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten  Kepulauan Meranti, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hilir dan Kabupaten Siak).

Materi yang disampaikan pada pertemuan ini meliputi pemahaman tentang pentingnya log book penangkapan ikan, penerapan e-Log book dan tata cara entry data pada Aplikasi SILOPI (Sistem Informasi Log book Penangkapan Ikan). 

Ketentuan dalam penerapan log book penangkapan ikan bahwa kapal penangkap ikan berukuran <5GT menggunakan log book penangkapan ikan yang disederhanakan (menggunakan form LBPI) sementara untuk kapal penangkapan ikan berukuran >5GT menggunakan e-log book penangkapan ikan (menggunakan HP Android) dan untuk entry data secara manual menggunakan aplikasi Sistem Informasi Log Book Penangkapan Ikan (SILOPI). Log book penangkapan ikan merupakan salah satu indikator yang memiliki peranan penting dalam menghitung potensi sumber daya ikan di Wilayah Pengelolaan perikanan Negara Republik Indonesia serta dalam menghitung kuota usaha penangkapan ikan.