close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Berikan Edukasi Tentang Bahaya Penyakit Jantung Pada Wanita, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau Gelar Seminar Awam Gratis

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-6252
Sabtu, 18 Mar 2023

Halo Cik Puan,

Untuk meningkatkan wawasan masyarakat terhadap penyakit jantung, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengadakan seminar awam gratis tentang bahaya penyakit jantung pada wanita di Ruang Serbaguna (Kamis, 16/03/23).

(kiri) Kata sambutan dari Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Ketua Instalasi Jantung Terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau (kanan)

Mewakili Direktur, seminar awam dibuka oleh Wakil Direktur Bidang Keuangan Eko  Susilo Hariadi, SE.,M.Ak. Selain itu turut hadir Kepala Instalasi Jantung Terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Dyah Siswanti E, Sp.JP (K)-FIHA dan Narasumber dokter spesialis jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau  dr. Lia Valentina, Sp.JP – FiHA dan dr. Rinelia Minaswary, Sp.JP(K)-FIHA serta para peserta seminar.

Paparan materi dari kedua Narasumber tentang tentang penyakit jantung yang membahayakan bagi wanita 

Pada paparan materinya yang berjudul “berkenalan dengan penyakit PeriPartum CardioMyopathy (PPCM)” dr. Lia menyampaikan PPCM adalah menebalnya otot jantung yang terjadi sekitar masa persalinan sehingga daya pompa jantung melemah dan dapat menyebabkan gagal jantung. Untuk mencegahnya lakukan kontrol rutin ke dokter kandungan dan bila ada masalah terkait jantung dapat segera dikonsultasikan dengan dokter spesialis jantung.

Rinelia dalam materinya yang berjudul “ Menopause dan Resiko Penyakit Jantung ” disampaikan bahwa wanita memiliki hormon estrogen yang dapat menjaga pembuluh darah lebih elastis dan licin sehingga resiko penimbunan plak dapat terkurangi. Namun ketika menopause, hormon esterogen menjadi berkurang sehingga resiko terkena penyakit jantung menjadi lebih besar. Untuk menghindarinya terapkan gaya hidup sehat dan rajin mengkonsumsi makanan pengganti hormon seperti kacang – kacangan, gandum, minyak zaitun dan Jamur.

 

Sesi Diskusi dan tanya jawab peserta seminar kepada Narasumber

Wadir Keuangan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sangat mengapresiasi adanya seminar ini karena dapat menambah wawasan tentang pencegahan penyakit jantung pada masyarakat luas. Harapannya seminar ini dapat terus dilakukan untuk memberi dampak positif mengurangi kasus jantung dan apabila memiliki gejala jantung maka jangan ragu untuk berobat di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

Foto Bersama

Salam MedikAA