close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Uji Coba Drone Tim OPAD Untuk Mendapatkan Akurasi Data PBB P3

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-703
Selasa, 28 Jul 2015

Pekanbaru - Dinas Pendapatan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Retribusi, PADL dan Dana Bagi Hasil bersama DJP Riau melakukan uji coba Drone (pesawat tanpa awak) untuk melakukan pemetaan lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di wilayah Perawang.

Uji coba drone yang dilakukan selama satu setengah jam tersebut berhasil mengumpulkan data digital dalam bentuk aerial photography (photo dari udara) yang nantinya akan diproses lebih detail untuk mendapatkan data yang lebih akurat.

Menurut Kepala Bidang Retribusi, PADL dan DBH Dipenda Riau yang juga menyaksikan uji coba drone tersebut, penggunaan drone ini dirasa lebih efektiv dibandingkan dengan pemetaan secara manual. Selain kondisi topography perkebunan yang menyulitkan tim untuk melakukan pengukuran, luas lahan yang puluhan ribu hektar juga akan menimbulkan permasalahan waktu dan biaya yang jauh lebih besar.

“Dengan drone ini, selain data yang lebih akurat juga bisa memangkas waktu, tenaga serta biaya yang harus dikeluarkan seandainya pengukuran dilakukan secara manual oleh tim,” ujar Hj. Efnida, SE.

Selain efisiensi, pengambilan data dengan menggunakan drone ini mampu mengantisipasi wajib pajak nakal yang tidak memberikan data lahan secara akurat kepada pihak yang berwenang.

“pengukuran lahan dengan menggunakan program terintegrasi drone ini juga dimaksudkan untuk meminimalisir kecurangan perusahaan yang selama ini belum jujur dalam memberikan data perusahaannya,” lanjut Hj. Efnida.

Seperti diberitakan sebelumnya, Dinas Pendapatan Provinsi Riau bersama beberapa Dinas terkait saat ini telah membentuk sebuah Tim dengan nama “OPAD” (Optimalisasi Pendapatan Asli Daerah). Tim ini diharapkan mampu menggenjot PAD dari sektor lainnya saat DBH Migas sudah tidak bisa lagi diharapkan untuk menunjang pembangunan Provinsi Riau kedepan.