close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Ribuan Kendaraan Dinas Menunggak Pajak

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-890
Rabu, 25 Nov 2015

PEKANBARU - Dinas Pendapatan Provinsi Riau mendapati angka yang cukup fantastis saat menginventarisir kendaraan dinas penunggak pajak. Hingga tanggal 9 November 2015  total kendaraan yang tidak membayar pajak sebanyak 3.616.

Angka yang cukup besar itu tersebar di seluruh kabupaten/kota se Riau. Baik untuk kendaraan roda empat hingga kendaraan roda dua.

Hal itu dibenarkan Kepala Dinas Pendapatan Daerah Riau, SF Hariyanto, Selasa (24/11) di Pekanbaru. Menurutnya, angka tersebut berdasarkan hasil inventarisir secara menyeluruh.

Kondisi tersebut tambah Hariyanto berdampak pada angka pendapatan daerah yang mengalami penurunan setiap tahunnya. Apalagi jenis kendaraannya ada yang tergolong mewah.

“Jika dikalkulasikan angka cukup besar untuk PAD. Misalnya dikalikan saja Rp 2 hingga 5 juta, berapa itu jumlahnya. Cukup banyak. Kalau diperkirakan gambarannya ada Rp 100 miliar lebih,'' terangnya.

Mantan Kadis PU Riau itu juga mengimbau pemegang kendaraan dinas yang masih menunggak pajak  untuk segera melunasinya. Langkah lain yang dilakukan adalah dengan menyurati instansi terkait di kabupaten/kota se Riau. Tujuannya untuk peningkatan PAD. Karena jika tetap dibiarkan, maka lama kelamaan pajaknya akan semakin menumpuk setiap tahun.(Tim)