close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Ceramah Agama Pembinaan Rohani Pegawai Inspektorat Daerah Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2577
Selasa, 31 Jan 2017

PEKANBARU – Dalam rangka Pembinaan Rohani pegawai, Inspektorat daerah Provinsi Riau mengadakan Ceramah Agama pada Jumat 13 Januari 2016 pukul 09.00 WIB bertempat di Aula Inspektorat Daerah Provinsi Riau. Acara dihadiri oleh seluruh Pegawai Inspektorat Daerah Provinsi Riau beserta Penceramah yaitu Ustadz Tambatua Siagian.

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Saudari Mislina. Kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Inspektur Daerah Provinsi Riau. lalu acara dilanjutkan dengan ceramah agama.

Ustadz Tambatua menyampaikan, terdapat 2 unsur didiri manusia yaitu Unsur jasmani, datang dari tanah, hidup diatas tanah, nafkah dari tanah, kembali ke tanah, kelak akan jadi tanah serta Unsur Rohani datang dari Allah bersama Allah , nafkahnya dari Allah, kembali pada Allah. Inilah yang abadi.

Ustadz Tambatua juga menambahkan, manusia disempurnakan Allah dengan sifat ma’an yang 7. Sifat yang ada di Allah tapi disertakan kepada manusia yaitu hayat (hidup), qodrat (mampu/ kekuatan), kalam (berbahasa/berbicara), sami’ (mendengar), basir (melihat), ilmu (mengetahui baik dan buruk), dan iradah (rencana/cita-cita). Kesemua sifat ini adalah hak pakai manusia bukan hak milik.

Manusia memiliki kewajiban mempersiapkan nafkah rohani agar selamat menghadapi Illahi. Alat sudah diberikan Allah, mau digunakan dijalan yang baik atau buruk.  Dibalik semua perbuatan kita ada balasan danperhitungan yang akan dipertanggungjawabkan kepada Allah di Akhirat kelak, tambah Ustadz Tambatua mengakhiri ceramah Agamanya. (Silv-Hk)