close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Riau Evakuasi Penghuni Yayasan Tunas Bangsa

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2580
Kamis, 02 Feb 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Terkait kasus kematian Zikli balita umur 18 bulan, Dinas Sosial Provinsi Riau dan Lembaga Perlindungan Anak (LPA) mendatangi Tiga (3) Panti Yayasan Tunas Bangsa. Hari pertama Jum’at (27/1/2017) sore, Dinsos Riau dan LPA Riau mendatangi Panti Asuhan  Tunas Bangsa Jl. Bukit Rahayu Kec. Tenayan Raya,  Pekanbaru. Setelah melihat kondisi Panti Kepala Dinas Sosial Riau, H. Syarifuddin AR mengatakan “keputusan untuk mengevakuasi anak-anak tersebut untuk memberikan rasa aman dan jaminan kesehatan, tempatnya (panti asuhan) tidak layak. Kita sudah lakukan pengecekan, jadi kita putuskan mengeluarkan anak-anak ini dari panti asuhan”.

Dalam mengambil tindakan  evakuasi ini Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si, Sekretaris Dinsos Riau Suratno, S.Sos, M.Si  didampingi Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Pekanbaru Chairani, Lembaga Perlindungan Anak  (LPA) Easter Yuliani, Satreskrim Polresta Pekanbaru. Mengevakuasi 2 (dua) orang anak dan langsung dibawa di rumah aman/Rumah Perlindungan Sosial Anak (RPSA) milik Dinsos Riau, 2 anak dan 1 bayi dibawa Ke RPTC (Rumah Perlindungan Trauma  Center).

Sabtu (28/1/2017) malam evakuasi dilanjutkan ke Panti Jompo Yayasan Tuna Bangsa Jl. Cenderawasih Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru dan ditemukan sebanyak 12 orang dewasa, 1 orang jompo dan 1 orang pramusaji yang kemudian dievakusi  oleh Dinas Sosial Provinsi Riau. Adapun rincian saat ini 3 orang dibawa ke Panti Bina Laras, 1 orang ke Panti Sosial Tresna Werdha  Khusnul Khotimah (PSTW) dan 10 orang dibawa ke RSJ Tampan untuk mendapat perawatan.

Tak hanya Panti Asuhan dan Panti Jompo Yayasan Tuna Bangsa, Minggu (29/1/2017) siang, Dinsos Riau bersama LPA Riau dan Diskes Riau juga mendatangi panti khusus Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) milik Yayasan Tunas Bangsa di Pembatuan Jl. Lintas Timur KM 20, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. Di tempat ini Dinas Sosial kembali mengevakuasi 13 orang dewasa dan 6 orang jompo total 19 orang penghuni Panti dan dibawa ke RSJ Tampan untuk mendapat perawatan.

 

Hal tersebut dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Riau beserta jajarannya sebagai wujud komitmen bahwa Pemerintah selalu hadir ditengah masyarakat