close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

GERAKAN NASIONAL BUGAR DENGAN JAMU

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2618
Senin, 20 Feb 2017

Indonesia merupakan negeri yang kaya akan keanekaragaman hayati, 9600 spesies tanaman dari 30.000 bermanfaat bagi kesehatan. Jahe, kunyit, temulawak, kencur merupakan salah satu tanaman yang dapat diolah menjadi secangkir jamu, budaya minum jamu di Indonesia ternyata sudah dikenal sejak zaman kerajaan lalu turun temurun diwariskan hingga ke generasi mendatang. Wariskan budaya minum jamu dimulai dari diri kita, keluarga dan lingkungan sekitar untuk terus meningkatkan kesehatan dan mencegah dari berbagai macam penyakit

Kini kita juga bisa melestarikan budaya meminum jamu dengan Gerakan Nasional Bugar Dengan Jamu (Gernas Bude Jamu) yang sudah dimulai sejak tahun 2014 oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Visi Gernas Bude Jamu adalah melestarikan budaya minum jamu untuk mendukung Indonesia Sehat sekaligus menggerakkan ekonomi rakyat, Misi Gernas Bude Jamu adalah :

  • Menjamin jamu yang aman, bermutu, dan bermanfaat

  • Meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap jamu

  • Meningkatnya daya saing pelaku usaha jamu

Jamu harus memenuhi tiga aspek, yaitu :

  • Aman

  • Bermutu

  • Bermanfaat

Acara Gernas Bude Jamu ini dilakukan di halaman Kantor Gubernur Riau seusai melaksanakan apel pagi kamis,16 februari 2016. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Ibu Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM selaku pembina apel pagi menyampaikan agar membudayakan budayakan minum jamu, dengan meminum secara teratur akan mendapatkan manfaat mulai dari kesehatan, ekonomi, dan sosial budaya. Dengan teratur meminum jamu bersama Gernas Bude Jamu kita ikut mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Download File