close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

RSUD Petala Bumi Gelar Bantuan Hidup Dasar Untuk Akreditasi

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-1045
Rabu, 20 Apr 2016

Untuk memenuhi syarat akreditasi, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Petala Bumi menggelar pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) kepada seluruh pegawainya. Pelatihan BHD merupakan bagian persiapan  akreditasi yang akan dilakukan pada bulan Mei mendatang. Acara dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 12.00 WIB. Acara dimulai dari pemberian materi oleh instruktur CV. Rabbany selama satu jam. Kemudian dilanjutkan dengan praktek dan ujian evaluasi.

Pada pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari berbagai pegawai di lingkungan RSUD Petala Bumi diberikan pelatihan mengenai  bantuan resusitasi  jantung dan paru yang diberikan kepada seseorang yang mengalami henti napas karena disebabkan hal-hal tertentu. Tujuan dari Bantuan Hidup Dasar ini adalah untuk membuka jalan napas yang tertutup dan diberikan kepada orang tenggelam, sesak napas akibat kecelakaan, dan sebagainya. Pada sesi praktek, para peserta diajarkan mengenai tahapan Resusitasi Jantung Paru langsung dibimbing oleh para instruktur yang dibagi dalam tiga kelompok. Setelah 1 jam praktek, para peserta melakukan ujian praktek langsung diawasi oleh para instruktur.

Image title


Bantuan Hidup Dasar (BHD) merupakan keterampilan yang wajib dimiliki bagi setiap pegawai yang ada di RSUD Petala Bumi agar saat menjumpai kondisi kritis bisa memberikan pertolongan pertama kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Dokter Jo, salah satu instruktur memberi pesan untuk mengajarkan BHD kepada keluarga, teman, dan saudara. (LA)