close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pelatihan Sanitasi Berbasis Total Masyarakat Berbasis Web Dan SMS Se-Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2719
Kamis, 16 Mar 2017

Sanitasi Total Berbasis Masyarakat atau STBM, sebagai salah satu upaya pemerintah dalam mendukung upaya percepatan peningkatan Akses Universal di Indonesia telah ditetapkan sebagai pendekatan pembangunan sanitasi nasional sejak tahun 2008. Sanitasi berhubungan dengan kesehatan lingkungan yang mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat, adapun indikator sanitasi untuk menggambarkan keadaan lingkungan adalah akses terhadap air bersih dan air minum yang aman serta akses terhadap sanitasi layak yang lebih dikenal dengan pencapaian target Universal Akses pada tahun 2019 ; 100- 0 -100.

Sistem Monitoring dan Evaluasi STBM terus dikembangkan untuk memudahkan dalam proses mengalirnya data dari sumber data terdekat di tingkat desa/kelurahan kepada pihak lain yang akan menggunakan informasi tentang STBM di semua lini mulai dari tingkat pusat sampai daerah baik secara regional maupun global.

Data yang dikumpulkan merupakan data cakupan akses sanitasi per desa termasuk status ODF (Open Defecation Free) suatu wilayah. Pengembangan sistem ini didasarkan pada kebutuhan akan informasi cakupan akses sanitasi dan desa ODF, hal ini sesuai dengan sasaran yang akan dicapai dalam SDGs maupun target RPJMN. Saat ini sudah banyak pelaku yang melaksanakan kegiatan STBM baik yang dilakukan oleh mitra maupun pemerintah daerah sendiri dalam rangka percepatan akses sanitasi tersebut termasuk pencapaian ODF.

Untuk memudahkan pengumpulan dan perhitungan capaian-capaian akses tersebut perlu menggunakan data dan instrument yang mengacu pada prinsip yang sama dalam mendukung informasi yang ingin diperoleh (misal: SDGs, RPJMN, Renstra, dll). Dalam rangka itulah saat ini sudah dikembangkan sistem monitoring untuk membantu dalam melakukan pemantauan terhadap capaian-capaian akses sanitasi tersebut secara nasional. Sistem ini juga dibuat secara terpusat agar mudah dalam melakukan perawatan, namun kabupaten tetap menjadi pemilik otoritas data.

Selasa, (14/03/2017). Dinas Kesehatan Provinsi Riau menyelenggarakan Pelatihan Monitoring Dan Evaluasi Sanitasi Total  Berbasis Masyarakat (STBM) Berbasis Web Dan SMS Se-Provinsi Riau yang berlansung selama tanggal 14 s/d 17 maret 2017 di Hotel Alpha Pekanbaru. Dengan terselenggaranya pelatihan ini, diharapkan kepada seluruh peserta pelatihan mampu untuk menginput data dasar beserta realisasi program dengan baik dan benar sesuai dengan situasi dimasyarakat, sehingga data dasar dimaksud dapat dijadikan pedoman dalam mengambil langkah tindak lanjut dan kebijakan di masa mendatang.                                                                         .