close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinkes Provinsi Riau Adakan Tatalaksana Asuhan Mandiri Toga Dan Akupresur

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2746
Rabu, 22 Mar 2017

    Pelayanan Kesehatan Tradisional saat ini semakin diminati oleh masyarakat. Hal ini didukung oleh kekayaan alam dan budaya yang ada di Indonesia. Pelayanan kesehatan yang saat ini dapat dimanfaatkan dalam pemeliharaan kesehatan secara mandiri salah satunya adalah TOGA (Taman Obat Keluarga) dan akupresur yang merupakan salah satu cara pengobatan tradisional.

    Oleh karena itu, pada tanggal 21 – 26 Maret 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Tatalaksana Asuhan Mandiri Toga dan Akupresur di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru. Acara ini diikuti oleh 25 peserta dari Puskesmas Kab/Kota di Provinsi Riau.

    Dalam pembukaannya, Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengatakan, “ Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan andalan saat ini dengan maksud tujuan agar Puskesmas-Puskesmas di Kab/Kota tahu langkah-langkah yang harus dilakukan untuk melakukan toga dan akupresur di Kab/Kota masing-masing.”

    Seperti yang telah diketahui, Desa Seresam, Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau meraih Juara I Tingkat Nasional Lomba Pemanfaatan Toga kategori Toga Pedesaan.

    “Mudah-mudahan ada juara-juara Toga lainnya di tahun-tahun berikutnya dan dari kegiatan ini, peserta dapat memberikan penyuluhan tentang manfaat serta tata cara pelaksanaan toga di daerah masing-masing. Selain itu, puskesmas juga dapat memberikan akupresur sebagai pelayanan kesehatan alternatif yang dilakukan oleh tenaga terlatih, ” ucap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau di akhir kata sambutannya.