close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sekarang Masyarakat Bisa Lihat APBD Riau, Ini Caranya

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2795
Kamis, 06 Apr 2017

PEKANBARU (CAKAPLAH) - Sebagai upaya menciptakan pemerintahan yang transparan dan terbuka, Pemprov Riau terus berbenah diri. Salah satunya menerapkan sistem e-goverment dalam? memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengawasi penyelenggaraan pemerintahan.

Kini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan informasi soal kebijakan dan anggaran Pemprov Riau melalui webside www.riau.go.id atau klik di sini. Di situs resmi milik Pemprov Riau ini, masyarakat juga bisa ?melihat secara detail setiap anggaran di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang tersaji di aplikasi Jaga Riau.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Riau, Yogi Getri, kepada CAKAPLAH.com menyatakan, aplikasi Jaga Riau sengaja dirancang dalam rangka keterbukaan informasi publik sesuai dengan Perda Nomor 6 Tahun 2015 tentang Keterbukaan Publik dengan Pemerintahan Berbasis Elekronik (e-Goverment).

"Jadi sekarang masyarakat bisa ?melihat dan memberikan saran di aplikasi Jaga Riau itu, yang salah satu poinnya itu Jaga APBD. Masyarakat bisa menjaga dan memantau APBD agar tidak disalahgunakan. Untuk itu, mari sama-sama kita jaga anggaran melalui aplikasi Jaga APBD," terangnya.

Lebih lanjut disampaikan Yogi Getri, di aplikasi Jaga Riau ada empat item, selain Jaga APBD ada juga Jaga Sekolah, Jaga Puskesmas dan Jaga Rumah Sakit.

"Aplikasi ini baru kita launching awal tahun kemarin. Dan ternyata Perda tersebut sesuai dengan arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), mereka apresiasi karena Pemprov Riau menerapkan sistem yang cocok dengan KPK," pungkasnya.