close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinkes Adakan Pertemuan Penyusunan Profil Kesehatan 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2796
Kamis, 06 Apr 2017

Penyelenggaraan Sistem Informasi Kesehatan baik pelayanan kesehatan, unit kesehatan, sektor terkait sangat penting untuk pengambilan keputusan/kebijakan  untuk bidang kesehatan. Buku profil kesehatan adalah salah satu publikasi data yang dapat menyediakan data yang dibutuhkan untuk mendukung pengambilan keputusan baik di daerah maupun pusat. Selain itu profil kesehatan adalah merupakan rangkuman terhadap Profil Kesehatan Kabupaten/Kota.

Oleh karena itu, dalam rangka penyusunan buku Profil Kesehatan 2017, Dinas Kesehatan Provinsi Riau mengadakan Pertemuan Penyusunan Profil Kesehatan Tahun 2017 di hotel Pangeran Pekanbaru. Pertemuan yang akan dilaksanakan selama 3 hari (5-7 April 2017) ini menghadirkan narasumber dari BPS (Badan Pusat Statistik) Provinsi Riau, Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Kementrian Kesehatan RI, dan Kasubbag Perencanaan Program Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Peserta acara berjumlah 54 orang yang terdiri dari Pengelola Data dan Informasi, Pengelola Program Tenaga Kesehatan, dan Pengelola Penyakit Tidak Menular yang berasal dari 12 Kab/Kota serta 13 orang peserta dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau.

Dalam kata sambutan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Riau, dr. Ruswaldi Munir, SpKO menyampaikan,” Profil kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk membantu mengambil kebijakan, sehingga kebijakan yang diambil berdasarkan data yang ada, bukan hanya berdasarkan estimasi.”

Untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas data profil kesehatan, dalam acara ini akan disampaikan kebijakan Pengelolaan Sistem Informasi Kesehatan Provinsi Riau, perhitungan sasaran program kesehatan, Reviu petunjuk teknis profil kesehatan dan keluarga sehat, evaluasi data tahun 2015 serta Desk data.

“Diharapkan bagi pemegang program di Kab/Kota dapat memanfaatkan materi yang akan disampaikan sehingga profil kesehatan dapat disusun secara cepat dan valid.” ucap Sekretaris Dinas Kesehatan.