close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Dinsos Berikan Bimbingan Keterampilan Bagi Korban Tindak Kekerasan Di Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2816
Rabu, 12 Apr 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Tindak kekerasan merupakan permasalahan yang cukup kompleks dan merupakan ancaman nyata baik fisik, verbal maupun emosional yang menyebabkan kerugian atau dampak negatif yang serius bagi korban maupun lingkungan sosialnya. Korban Tindak Kekerasan (KTK) adalah orang baik individu, keluarga ataupun kelompok kesatuan masyarakat tertentu yang mengalami tindak kekerasan, baik sebagai akibat dari prilaku salah, penelantaran, eksploitasi, diskriminasi, bentuk-bentuk kekerasan lainnya ataupun dengan membiarkan orang berada dalam situasi berbahaya sehingga menyebabkan fungsi sosialnya terganggu.

Oleh karena itu masalah tindak kekerasan tidak hanya merupakan masalah individual, tetapi juga masalah keluarga dan masyarakat bahkan telah menjadi masalah nasional maupun internasional, karena erat kaitannya dengan isu global tentang hak asasi manusia. Dari berbagai kasus yang ditangani sejumlah instansi dan organisasi sosial (LSM) yang bergerak di bidang penanganan korban tindak kekerasan (KTK) terdapat kecenderungan dengan meningkatnya jumlah KTK dari tahun ke tahun. 

Dinas Sosial Provinsi Riau yang merupakan perpanjangan tangan dari Kementerian Sosial RI, melakukan berbagai upaya perlindungan sosial terutama dalam hal pencegahan dan penuntasan permasalahan sosial. Salah satu tahap kegiatan untuk membantu saudara-saudara kita yang menjadi korban tindak kekerasan adalah dengan memberikan Bimbingan Keterampilan bagi Korban Tindak Kekerasan selama 3 (tiga) hari yang dimulai dari tanggal 11 s/d 13 April 2017 bertempat di Aula Hotel Camabaio, Jln. Tuanku Tambusai Pekanbaru. Kegiatan yang dilaksanakan melalui Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial seksi Perlindungan Sosial Korban Bencana Sosial ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si dan dihadiri oleh sejumlah Pejabat Eselon III dan IV, para narasumber serta peserta berjumlah 60 (enam puluh) orang yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu dan Kampar. 

Drs. Umar HM, Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial sekaligus sebagai Panitia Pelaksana menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini adalah memberikan motivasi yang diarahkan untuk meringankan, melindungi dan memulihkan kondisi kehidupan fisik, mental dan sosial serta memberdayakan potensi yang dimiliki seseorang sehingga mampu melaksanakan potensi sosialnya secara layak untuk dapat meningkatkan taraf hidupnya.    

Demikian pula harapan Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si “bahwa dengan adanya rangkaian kegiatan Bimbingan Keterampilan ini dapat menjadi masukan bagi korban tindak kekerasan dalam menjalankan fungsi sosialnya secara layak bagi hidupnya”, ujar beliau.