close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pawai Budaya Nusantara 2017, Riau Raih 2 Penghargaan

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2824
Senin, 17 Apr 2017

Jakarta - Event Pawai Budaya Nusantara kembali digelar tahun 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kegiatan ini merupakan rangkaian dalam memperingati HUT TMII ke 42. Pawai Budaya Nusantara diselenggarakan pada hari minggu (16/04/2017) ini dibuka langsung oleh Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa. Pawai Budaya Nusantara ini menampilkan keanekaragaman seni budaya dalam bentuk karnaval atau pawai yang didukung oleh potensi seniman daerah dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Image title


Pemerintah Provinsi Riau yang diwakili Dinas Pariwisata Provinsi Riau melalui bidang Ekonomi Kreatif dan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Anjungan Riau TMII turut berpartisipasi pada kegiatan yang dilaksanakan di Plaza Tugu Api Pancasila TMII Jakarta ini. Tata Saji garapan pawai berbentuk atraksi sambil berjalan sepanjang rute dengan diberikan waktu maksimal 4 menit di depan panggung utama dan dilanjutkan berjalan menuju finish. Pawai ini dimulai dari sebelah selatan kantor pengelola TMII menuju area Panggung atraksi dilanjutkan arak-arakan menuju teater Bhinneka Tunggal Ika TMII. Provinsi Riau sendiri menampilkan penari berjumlah 80 orang.

Image title

Image title


Pada Pawai Budaya ini, Provinsi Riau Provinsi Riau  meraih dua penghargaan sekaligus yakni kategori 5 Penyaji Unggulan Terbaik dan Penyaji Busana serta Tata Rias Terbaik. Provinsi Riau yang mendapatkan nomor urut 17 menampilkan arak-arakan bersifat evaluatif, apresiatif, atraktif dan kompetitif dengan menyuguhkan begawai berlian yang merupakan pesta dalam kehidupan masyarakat talang mamak di pedalaman Kabupaten Indragiri Hulu.

Image title


Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Riau, R. Dandun Wibawa mengatakan bahwa Pagelaran Pawai Budaya ini dinilai berdasarkan penataan dan kemasan dan kreativitas berbasis pelestarian kearifan lokal serta harmonisasi. Tujuan awal mengikuti kegiatan ini adalah mempromosikan kebudayaan dan busana melayu Riau yang akhirnya meraih penghargaan.

Penghargaan yang diraih ini merupakan bentuk komitmen untuk promosi seni dan kebudayaan Riau. Karena event Pawai Budaya Nusantara ini dilihat oleh masyarakat dari seluruh tanah air. Semoga Penyelenggaraaan Pawai ini mampu menjaga persatuan dan kesatuan serta memotivasi semangat budaya dikalangan generasi penerus bangsa untuk menjaga kedaulatan bangsa.

Lihat Video Pariwisata Riau lainnya.

Sumber : Youtube Channel : Pariwisata Riau

------------------------------

Ikuti Official Account Dinas Pariwisata Provinsi Riau.

Youtube Channel : Pariwisata Riau

Instagram : Pariwisata.Riau

Twitter : @Disparriau

Website  : pariwisata.riau.go.id

Destinasi Riau ?  : Jemari Playstore | Jemari App Store


#pariwisatariau

#ayokeriau

#rindukeriau

#riauthehomelandofmelayu

#wonderfullindonesia