close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

UPT. Diklat Melaksanakan Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen Pembangunan Kesejahteraan Sosial Bagi TKSM Angkatan I Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2827
Rabu, 19 Apr 2017

Pekanbaru, Dinsos-MC. Pembangunan Kesejahteraan Sosial adalah salah satu bagian dari rangkaian pembangunan Nasional, dimana sasaran utama pembangunan Bidang Kesejahteraan Sosial yaitu memberdayakan Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial serta memberikan pelayanan sosial kepada kelompok masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial adalah seseorang, keluarga atau kelompok masyarakat, karena suatu hambatan, kesulitan atau gangguan tidak dapat melaksanakan fungsi sosialnya, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya secara memadai dan wajar. Hambatan tersebut dapat berupa kemiskinan, ketelantaran, kecacatan, keterbelakangan mental, keterasingan maupun terjadinya perubahan lingkungan secara mendadak yang kurang mendukung seperti bencana alam.

Selasa (18/04/2017) Dinsos Riau melalui UPT. Diklat Jl. Yosudarso KM. 09 Rumbai Pekanbaru memberikan kegiatan Pendidikan dan Latihan Manajemen Pembangunan Kesejahteraan Sosial bagi Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM) yang bekerja dilembaga Kesejahteraan Sosial di Kabupaten/Kota Provinsi Riau yang tidak memiliki latar belakang Pendidikan Pekerjaan Sosial. Diklat diberikan kepada TKSM yang tidak memiliki latar belakang pekerjaan sosial dalam rangka memberikan pengetahuan dasar pekerjaan sosial, sehingga dalam kesehariannya Tenaga Kesejahteraan Sosial Masyarakat (TKSM) di Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), sesuai dengan prinsip-prinsip Praktek Pekerjaan Sosial.

Diklat yang dibuka langsung oleh Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs. H. Syarifuddin AR, M.Si diselenggarakan selama 7 hari dengan jumlah peserta 30 Orang yang berasal dari Kota Pekanabaru, Kabupaten Kampar dan Pelalawan. Adapun Narasumber/Tenaga Pengajar pada Diklat Manajemen Pembangunan Kesejahteraan Sosial diantaranya BBPPKS Regional I Sumatrera dan Narasumber Daerah.

Dalam sambutannya Kadis Sosial berharap Diklat ini dapat menambah pengetahuan teknis Pekerjaan Sosial bagi TKSM sebagai salah satu potensi sumber  Kesejahteraan Sosial dalam pengentasan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).