close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Upaya Meningkatkan Capaian Cakupan Imunisasi Dasar Lengkap, Dinkes Adakan Workshop Bagi Petugas Imunisasi Di Fasyankes Swasta Provinsi Riau

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2833
Jum'at, 21 Apr 2017

Kualitas pelayanan imunisasi yang kurang optimal tentunya akan membuat sia-sia sumber daya yang telah dikeluarkan seperti biaya operasional, vaksin, logistik imunisasi, tenaga dan waktu. Bahkan yang paling memprihatinkan untuk kita semua adalah kegagalan imunisasi akan mengancam terjadinya kesakitan, kecacatan atau kematian pada anak yang diakibatkan imunisasi (PD3I).

Disamping itu perlu mengupayakan peningkatan cakupan imunisasi Hepatitis B melalui penguatan koordinasi dengan program kesehatan ibu dan anak serta ketersediaan vitamin K dalam jumlah yang cukup, baik di fasyankes pemerintah maupun swasta.

Oleh karena itu untuk mendukung kualitas pelayanan imunisasi di fasilitas kesehatan swasta diperlukan peningkatan kualitas petugas imunisasi / sumber daya tenaga yang handal dan terlatih sehingga pada akhirnya capaian cakupan imunisasi dasar lengkap mencapai target yang ditetapkan 92 % pada tahun 2017 ini.

Demi meningkatkan capaian cakupan imunisasi dasar lengkap dengan melakukan koordinasi antar petugas imunisasi provinsi, kabupaten / kota, dan petugas imunisasi di fasyankes swasta. Senin (17/04/2017), Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui Seksi Surveilans Dan Imunisasi mengadakan Workshop Petugas Imunisasi Di Fasyankes Swasta Tingkat Provinsi Riau di Hotel Golden Tulip Pekanbaru. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM dan diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari masing-masing 12 orang petugas imunisasi di RSUD Kab/Kota, RS Swasta dan Penanggung Jawab Imunisasi Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota ditambah dengan 10 orang peserta lintas program.

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM dalam kata sambutannya menyampaikan “saya minta kepada peserta workshop ini agar melakukan koodinasi dalam rangka peningkatan capaian cakupan imunisasi dasar lengkap, sehingga nanti didapatkan suatu kesepakatan kerja untuk pencapaian target program imunisasi yang ditetapkan”, Ujarnya.