close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Pembekalan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) Pada Pemegang Kebijakan Di Kab. Pelalawan Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2839
Minggu, 23 Apr 2017

Pekanbaru (dinkes.riau.go.id) – Mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar merupakan upaya gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat. Menurut WHO, Penggunaan obat yang dikatakan rasional apabila pasien menerima obat yang sesuai dengan kebutuhan dalam periode waktu yang adekuat (memenuhi syarat).  Diseluruh dunia  diperkirakan lebih dari 50% obat diresepkan dan digunakan secara tidak tepat, termasuk di Indonesia. Data Susenas (Survei Sosial Ekonomi Nasional ) menunjukkan lebih dari 60% penduduk Indonesia melakukan Swamedikasi. Dimana swamedikasi ini adalah upayah pengobatan sendiri yang dilakukan oleh masyarakat sebelum mendatangi fasilitas pelayanan kesehatan.

Hasil riset Kesehatan Dasar 2013 menunjukkan 35,2% menyimpan obat di rumah tangga, dimana 86,1% dari obat yang disimpan tersebut adalah antibiotik yang diperoleh tanpa resep. Swamedikasi secara tidak tepat dapat dilakukan karena berbagai hal seperti kurangnya pengetahuan dan pemahaman masyarakat tentang pengobatan, tingginya promosi obat oleh produsen melalui berbagai media, dan kurangnya informasi dari tenaga kesehatan.

Meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar, Kamis (20/04/2017), Dinas Kesehatan Provinsi Riau melalui seksi kefarmasian dan alkes mengadakan Pertemuan Pembekalan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat pada pemegang kebijakan di Kabupaten Pelalawan. Pertemuan ini dilaksanankan selama 2 (dua) hari mulai dari tanggal 19 s/d 20 April 2017 di Auditorium kantor Bappeda Kabupaten Pelalawan yang mana diikuti oleh lebih dari 200 peserta terdiri dari Organisasi Profesi (IAI) untuk pembekalan AOC (Agent Of Change ) dan juga peserta dari masyarakat / lembaga/ Ormas/ Tokoh Masyarakat sebagai sosialisasi Gema Cermat di Kabupaten Pelalawan.

Pertemuan ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Riau H. Arsyadjuliandi Rachman yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM yang mana didampingi oleh Asisten II Sekda Kabupaten Pelalawan Drs. H. Atmonadi, MM , serta Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan dan Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Riau selaku Ketua Panitia dalam pertemuan ini drg. Zulfa Devisra, M. Kes dan juga didampingi oleh narasumber dari Kemenkes RI serta Provinsi Riau.

Asisten II Sekda Kabupaten Pelalawan Drs. H. Atmonadi, MM yang mewakili Bupati Kabupaten Pelalawan  menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang telah memilih Kabupaten Pelalawan sebagai salah satu Kabupaten/Kota yang berkesempatan mendapatkan pembekalan langsung mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat .

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Riau H. Arsyadjuliandi Rachman yang dibacakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM mengatakan bahwa “melalui kegiatan pembekalan Gema Cermat pada pemegang kebijakan di Kabupaten Pelalawan ini dapat di sosialisasikan keseluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Riau , agar masyarakat cerdas dalam memakai obat-obatan”. ungkapnya

Dra. Hj. Mimi Yuliani Nazir, Apt, MM selaku Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau juga menyampaikan harapan dari Gubernur Provinsi Riau bahwa ”agar semua peserta dapat mengikuti pembekalan ini dengan penuh semangat dan tekun, sehingga apa yang kita ingin capai sesuai dengan yang kita harapkan untuk membangun masyarakat kita lebih cerdas dalam menggunakan obat-obatan bagi keluarga “. Jelasnya

Dalam acara pertemuan tersebut Drs. Heru Sunaryo, Apt selaku narasumber dari Direktorat Jendral Kefarmasian dan Alkes Kementrian Kesehatan RI juga berkesempatan menyerahkan secara simbolis media Edukasi Gerakan Masyarakat Mengguanakan Obat kepada Pemerintahan Kabupaten Pelalawan, yang mana diterima langsung oleh  Asiaten II Sekda Kabupaten Pelalawan Drs. H. Atmonadi, MM.

Pertemuan Gerakan Masyarakat Cerdas mengunakan Obat di Kabupaten Pelalawan selama 2 (dua) hari,  sangat disambut baik oleh peserta khususnya masyarakat yang hadir dalam pertemuan ini. dimana mereka mengatakan banyak mendapatkan ilmu tentang manfaat atau kegunaan obat serta mengetahui macam-macam tentang obat, sehingga mereka tahu bagaimana cara menjadi masyarakat cerdas menggunakan obat, hal ini disampaikan oleh salah satu peserta masyarakat yanti susilawati dari posyandu kasih ibu Kabupaten Pelalawan.