close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DIREKTUR RSUD ARIFIN ACHMAD PROVINSI RIAU MENJADI NARASUMBER DALAM ACARA SOSIALISASI DAN ADVOKASI POSBINDU PTM DI TEMPAT KERJA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2929
Kamis, 08 Jun 2017

PEKANBARU – Selasa tanggal 23 April 2017 Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau  dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS menjadi Narasumber di dalam acara Sosialisasi dan Advokasi POSBINDU PTM (Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular) di Tempat kerja yang diadakan di Hotel Angkasa Garden Pekanbaru oleh Kementrian Kesehatan bersama Dinas Kesehatan Provinsi Riau yang dihadiri oleh perusahaan – perusahaan yang ada di Provinsi Riau.

     POSBINDU PTM merupakan salah satu upaya untuk pengendalian faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) yang dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan pekerja dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan pekerja atau masyarakat di tempat kerja kerja melalui pencegahan dan pengendalian resiko PTM Berbasis pemberdayaan dan peran serta pekerja secara terpadu, rutin dan periodik. Sebagaimana yang ditetapkan dalam Kepres nomor 22 tahun 1993 tentang Penyakit yang timbul karena hubungan kerja maka POSBINDU PTM merupakan langkah awal dalam upaya pencegahan dan pengendalian Faktor Risiko Penyakit tidak menular (FR PTM). Apabila ditemukan FR PTM pada pekerja maka pemberi kerja perlu tindak lanjut dini supaya faktor resiko yang ada tidak berakhir pada PTM atau memperberat penyakit yang sudah diderita sebelumnya. Adapun penyakit yang tidak menular antaralain yaitu Kanker dan Jantung.

     Untuk menghadapi hal tersebut, Direktur dalam penyampaian materinya mengungkapkan RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau untuk saat ini sudah memiliki beberapa layanan unggulan diantaralain Kanker Terpadu  dan Pusat jantung terpadu. Saat ini RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau sudah bisa memberikan pelayanan  Operasi Jantung. Momentum ini ditandai dengan berhasilnya operasi jantung pertama yang dilakukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau bekerja sama dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta. Harapannya di tahun depan, RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau akan melaunching instalasi pelayanan jantung terpadu dimana dari diagnosis, operasi hingga terapi sudah bisa dilakukan sendiri dengan dokter spesialis bedah thorak yang ada di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Oleh karena itu Direktur dalam kesempatan ini sekaligus ingin mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya yang berada daerah-daerah di Provinsi Riau apabila terjadi kasus-kasus yang diindikasi membutuhkan tindakan operasi jantung, dapat secara bertahap dan dilakukan di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.

     Untuk kanker terpadu, belum lama ini RSUD Arifin Achmad telah meresmikan Instalasi Kanker terpadu. Dimana didalamnya terdapat dokter-dokter Konsultan terbaik dan diakui dibidangnya. Demi meningkatkatkan pelayan kanker terpadu di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau, Direktur ingin mengembangkan gerakan masyarakat peduli kanker dengan membuat Komunitas peduli Kanker. Saat ini didalam komunitas ini sudah ada yayasan kanker, yayasan kanker anak, dan masyarakat yang telah membuat berobat kanker di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang telah membuat komunitas sendiri. Tujuannya adalah melalui komunitas peduli kanker, para penderita kanker dapat saling berbagi informasi, saling suport, yang tentunya juga melibatkan dokter-dokter konsultan Onkologi yang baik di komunikatif.

     Secara umum direktur berharap melalui acara sosialisasi ini masyarakat dapat mengetahui apa saja peningkatan-peningkatan yang terjadi di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yang merupakan rumah sakit pemerintah yang menjadi pusat rujukan dari rumah sakit yang ada di Provinsi Riau seperti Pelayanan operasi Jantung dan pusat kanker terpadu sekaligus menghimbau kepada masyarakat r bahwa tidak perlu lagi keluar harus negeri untuk melakukan pengobatan jantung maupun kanker karena rumah sakit didalam negeri khususnya di provinsi riau sudah ada rumah sakit yang dapat melakukan tindakan serupa dengan rumah sakit luar yaitu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau.