close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

DIREKTUR DAN TIM PELAYANAN JANTUNG TEPADU RSUD ARIFIN ACHMAD BERSAMA TVRI DALAM ACARA DIALOG RIAU CEMERLANG DENGAN TOPIK PENYAKIT JANTUNG MERUPAKAN PENYAKIT PEMBUNUH NOMOR SATU DI DUNIA

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2930
Kamis, 08 Jun 2017

PEKANBARU – Kamis tanggal 25 Mei 2017, Direktur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS,  Ketua tim pelayanan jantung terpadu  RSUD arifin Achmad Provinsi Riau dr. Dyah Siswanti E, Sp.JP-FIHA dan dokter spesialis bedah jantung RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV menjadi Narasumber dalam Acara Riau Cemerlang TVRI dengan topik Penyakit jantung.

     Dalam acara tersebut Direktur memaparkan Penyakit Jantung merupakan penyakit tertinggi yang dilayani RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau saat ini. Untuk itu Direktur telah membuat langkah yaitu membentuk tim pelayanan jantung terpadu yang juga dicanangkan oleh Gubernur Riau. Adapun bentuk – bentuk pencapaian yang telah dilakukan oleh tim pelayanan jantung terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau yaitu telah berhasil melaksanakan Operasi Jantung pertama di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau pada tanggal 19 Mei 2017 bekerjasama dengan RS Jantung Harapan Kita Jakarta.

     Ketua tim pelayanan jantung terpadu RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau mengatakan adapun tujuan dibentuknya Tim Pelayanan Jantung Terpadu di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau agar masyarakat riau pada khususnya dapat mendapatkan pelayanan jantung secara menyeluruh sehingga tidak perlu untuk kesana – kemari yang tentunya akan menghabiskan tenaga dan biaya yang begitu besar.

     Menurut dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV sebagai dokter spesialis bedah jantung mengatakan di Riau, penderita penyakit jantung yang membutuhkan operasi sangat banyak dan bahkan jumlahnya ribuan. Namun dikarenakan pengobatan penyakit jantung yang membutuhkan operasi itu biayanya sangat mahal, banyak dari penderita penyakit jantung tersebut yang kurang beruntung dikarenakan masalah biaya dan belum lagi ditambah biaya transportasi apabila berada didaerah yang terisolir. Oleh karena itu dr. Hariadi Hatta, Sp.BTKV sangat mengapresiasi dengan area JKN saat sekarang ini. Karena dengan adanya JKN pelayanan jantung dapat menyentuh penderita penyakit jantung yang kurang beruntung tersebut.  

      Diakhir acara ketiga narasumber (Direktur, Ketua Tim Jantung Terpadu dan Dokter Spesialis Bedah Jantung RSUD Arifin Achmad provinsi riau) menyimpulkan bahwa Pemerintah Provinsi Riau sangat berkomitmen untuk mengembangkan pelayanan kesehatan demi meningkatkan pelayanan kesehatan kepada rakyatnya dan menghadirkan pemerintah ditengah-tengah pelayanan kesehatan. Di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau pada khususnya mempunyai cita-cita akan terus bergerak sembari memperbaiki dan mengembangkan kreativitas serta meningkatkan pelayanan paripurna mulai dari Poliklinik, hingga perawatan pasca operasi sehingga dapat menyikut lapisan masyarakat dengan harapan akan terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat hingga masa-masa mendatang.

       Selain itu, Ketiga Narasumber juga menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan karena mencegah lebih baik dari pada mengobati dengan cara hidup sehat karena pengobatan penyakit jantung membutuhkan tenaga dan biaya yang banyak.