close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Sosialisasi Proper Di Provinsi Riau Tahun 2017

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2792
Kamis, 06 Apr 2017

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau menyelenggarakan Sosialisasi Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup (PROPER) pada tanggal 4 April 2017 di Pekanbaru. Acara ini dibuka Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan dan Kehutanan dan dihadiri oleh 155 orang perwakilan dari 118 perusahaan di Provinsi Riau yang seluruhnya merupakan peserta PROPER. Peserta PROPER pada periode 2016/2017 terdiri dari 108 industri yang bergerak di sektor agroindustri, energi dan migas, dan manufaktur, serta 10 perusahaan dari sektor HTI/perkebunan.

 

Sosialisasi  PROPER bertujuan memberikan pemahaman kepada penanggung jawab usaha dan / atau kegiatan mengenai mekanisme dan kriteria PROPER. Pada kesempatan ini,  Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran, Kerusakan Lingkungan dan Kehutanan memberikan arahan terkait mekanisme pelaksanaan PROPER Tahun 2017.  Adapun materi sosialisasi yang disampaikan oleh Tim PROPER Provinsi Riau meliputi aspek-aspek penilaian yaitu :

  1. Kriteria Izin/Dokumen Lingkungan

  2. Kriteria Pengendalian Pencemaran Air

  3. Kriteria Pengendalian Pencemaran Udara

  4. Kriteria Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun

  5. Kriteria Pengendalian Kerusakan Gambut

Terdapat beberapa ketentuan tambahan yang juga disampaikan yang merupakan kriteria baru pada aspek pengendalian pencemaran air, pengendalian pencemaran udara, dan pengelolaan limbah B3 yang selanjutnya akan dilakukan penilaiannya pada periode 2017/2018.

Pada Sosialisasi ini Kabid Pengendalian dan Kerusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Nelson Sitohang menyampaikan bahwa pelaksanaan Proper memberikan dampak yang positif terhadap pengelolaan lingkungan hidup terutama dari aspek penurunan beban air limbah, efesiensi energi, upaya 3R limbah B3, alokasi dana Community Development (CD), penurunan emisi, upaya 3R limbah padat non B3 danefisiensi air.  Nelson Sitohang juga menjelaskan bahwa capaian PROPER tahun 2016 secara nasional persentase rata-rata ketaatan sebesar 85% sedangkan untuk Provinsi Riau, rata-rata ketaatan sebesar 81,4%. Capaian ketaatan peserta PROPER di Provinsi Riau tahun 2016 mengalami peningkatan dibandingkan dengan capaian tahun 2015 (72,3%).

Dijelaskan juga bahwa penilaian peserta PROPER tahun 2017 di Provinsi Riau dibagi atas 2 bagian berdasarkan hasil Rapat Kerja Teknis PROPER tahun2017, yaitu penilaian dengan Self Assesment sebanyak 92 perusahaan (yang akan dinilai oleh Tim PROPER KLHK) dan penilaian dengan Inspeksi lapangan sebanyak 16 perusahaan yang akan dilakukan oleh Tim PROPER  Provinsi Riau dan, sisanya 10 perusahaan merupakan peserta proper HTI yang akan diinspeksi oleh Tim PROPER KLHK.

Setelah Sosialisasi ini diharapkan seluruh Peserta PROPER memahami Kriteria PROPER, Mekanisme PROPER dan jadwal pelaksanaan PROPER. Tahapan selanjutnya setelah Sosialisasi adalah penerimaan dokumen dan inspeksi lapangan dan tahapan lainnya yang telah ditetapkan oleh Sekretariat PROPER KLHK.

Image title

Sumber (Tim PROPER Dinas LHKProvinsi Riau)