close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

Bimbingan Teknis Pemantauan Kualitas Udara Ambien Dengan Metode Passive Sampler

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2800
Jum'at, 07 Apr 2017

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemantauan Kualitas Udara Ambien dengan metode passive sampler pada tanggal 6 April 2017 di Ruang Rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau. Acara ini dibuka Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan dan Kehutanan yang dihadiri oleh peserta Bimtek utusan dari instansi lingkungan hidup dari 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau. Sedangkan Narasumber Bimtek ini berasal Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan R.I.

Bimtek pemantauan kualitas udara ambien dengan metoda passive sampler bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas pemantau kualitas udara dengan metode passive sampler untuk mendukungn kegiatan pematauan udara ambien yang akan dilaksanakan pada bulan April dan Agustus Tahun 2017 di 12 kabupaten/kota. Kegiatan pemantauan udara ambien tersebut bertujuan untuk mengetahui kualtias udara ambien di wilayah perkotaan yang akan digunakan untuk menentukan Indeks Kualitas Udara (IKU) di Provinsi Riau yang merupakan salah satu komponen untuk  menentukan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) Provinsi Riau.

 Materi Bimtek yang diterima oleh seluruh peserta meliputi:

  1. Sasaran pokok pembangunan Nasional 2015-2019 dan pengelolaan kualitas udara.

  2. Pengukuran kualitas  udara ambien dengan metoda passive sampler.

  3. Perhitungan Indeks Kualitas Udara (IKU).

  4. Rencana Kegiatan pengukuran kualitas udara ambien dengan metoda passive sampler tahun 2017.

Setelah Bimtek ini selesai, maka seluruh peserta yang telah mengikuti Bimtek akan menjadi petugas lapangan yang akan membantu pelaksanaan pemantauan udara ambien dengan metode passive sampler di 12 kabupaten kota. Pada saat ini peralatan untuk pemantaun sedang dipersiapkan dan akan dikirimkan dari Kementerian LHK ke Provinsi Riau dan selanjutnya akan didistribusikan ke loaksi-lokasi pemantauan di 12 kabupaten/kota di Riau yang telah ditetapkan sebagai titik pantau. Kegiatan pematauan kualitas udara ambien dengan metode passive sampler diharapkan selesai pada bulan Agustus 2017 dan datanya dapat digunakan untuk menghitung IKU dan IKLH Provinsi Riau Tahun 2017.

Image title

 

Image title

(Sumber Bidang Pengendalian dan Kerusakan LHK, Dinas LHK Provinsi Riau, 2017)