close× Telp +62 761 45505
close×

Index Berita

SAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN, RSUD ARIFIN ACHMAD GELAR TABLIGH AKBAR

Politik dan PemerintahanShort url: https://www.riau.go.id/s-2923
Kamis, 08 Jun 2017

PEKANBARU – Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H, RSUD Arifin Achmad gelar tabligh akbar, Rabu (24/5)  pagi dengan tema “Mari Sucikan Diri dan Terangi Hati Melayani dengan Peduli”.

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang serbaguna lantai dasar RSUD Arifin Achmad tersebut menghadirkan pembicara Ust. DR. H. MawardiM Saleh, Lc. MA. Tabligh akbar ini dihadiri oleh ratusan pegawai dan staf RSUD Arifin Achmad, dan juga dihadiri oleh asisten III Setdaprov. Riau yang juga merupakan anggota dewan pengawai RSUD Arifin Achmad. Acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqur’an, yang dilanjutkan dengan kata sambutan dari Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. H. Nuzelly Husnedi, MARS.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk syiar Agama Islam kepada seluruh pegawai dan staf yang ada di RSUD Arifin Achmad. Diharapkan, setelah kegiatan tabligh akbar tersebut, pegawai sudah siap baik secara jasmani maupun rohani untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1438 H yang sebentar lagi datang.

Dalam tausiyahnya, DR. H. MawardiM Saleh, Lc. MA mengatakan, alhamdulillah yang diucapkan oleh seorang hamba jika diberikan rezeki sebanyak isi dunia, maka kalimat alhamdulillah tersebut lebih besar nilainya. Mengapa? Karena, semua kenikmatan dunia akan berakhir, sementara pahala atas ucapan alhamdulillah akan senantiasa kekal hingga Hari Akhir. “ Setelah usai melaksanakan tugas, jangan lupa mengucapkan alhamdulillah agar pekerjaan kita termasuk ibadah,“ Ungkap Ust. DR. Mawardi.

Ust. DR. Mawardi menambahkan, “Kesehatan itu amatlah penting, karena kesehatan itu merupakan sebahagian dari iman, apalagi pegawai dan staf RSUD Arifin Achmad yang sehari-hari berada di lingkungan rumah sakit.”. Agama kita yaitu Islam sungguh luar biasa dalam memberikan perhatian terhadap persoalan kesehatan. Karena kesehatan merupakan salah satu unsur penunjang utama dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT dan bekerja serta aktivitas lainnya. Imam asy-syatibhi dalam Kitabnya Fi Ushul Al-Ahkam, mengatakan bahwa tujuan kehadiran agama Islam dalam rangka menjaga agama, jiwa, akal, jasmani, harta dan keturunan. Oleh karena itu dalam melaksanakan tujuan kehadiran agama Islam tersebut, maka kesehatan memegang peranan yang sangat urgen. Tanpa adanya kondisi kesehatan seseorang, maka dengan sendirinya berbagai upaya untuk memenuhi kewajiban pokok akan sulit dilaksanakan. Dengan kata lain dapat disimpulkan bahwa kesehatan merupakan modal pokok dalam mencapai tujuan kehadiran agama. Kegiatan tabligh akbar yang berlangsung hingga pukul 11.00 WIB ini diakhiri dengan bersalam-salaman dan bermaaf-maafan antara seluruh pegawai.